Penelitian : Kasus Penodaan Agama Paling Banyak di Jabar

Internasional / 27 April 2013

Kalangan Sendiri

Penelitian : Kasus Penodaan Agama Paling Banyak di Jabar

Lois Official Writer
5515

Dalam Laporan Kehidupan Beragama 2013 yang dikeluarkan oleh Center of Religious and Cross Culture Studies (CRCS) Universitas Gadjah Mada yang dipublikasikan pada Kamis (25/4) lalu menyatakan bahwa Jawa Barat merupakan wilayah paling banyak memunculkan kasus penodaan agama dan rumah ibadah.

“Pada konflik rumah ibadah, mediasi lebih banyak dipilih. Sayang prosesnya tak banyak berhasil,” ujar Direktur Program CRCS Zainal Abidin Bagir. Sedangkan untuk penodaan agama, laporan itu menyimpulkan kasus tersebut sering dibawa ke pengadilan. Dalam 2012, tercatat ada sembilan kasus.

Melalui laporan itu, menurut Zainal, perlu melembagakan mediasi sebagai solusi konflik. Karena itu, pemerintah perlu segera membentuk lembaga mediator resmi konflik keagamaan di daerah-daerah yang rawan tersebut. “Kalau tetap tak ada terobosan, bakal terus bermunculan kasusnya, terutama di isu penodaan agama dan konflik rumah ibadah,” ujarnya.

Saat ini, menurut Zainal instrument hukum terbukti lemah. Misalnya, konflik rumah ibadah Gereja HKBP Filadelfia Bekasi dan GKI Taman Yasmin Bogor, keputusan Mahkamah Agung justru diabaikan. “Kasus ini menunjukkan pula dalam isu konflik agama tata kelola pemerintahan terlihat buruk, sebab kepala daerah yang menolak eksekusi putusan MA,” katanya lagi. Karena itu, mediator nantinya mesti mampu mendorong aktor yang terlibat, baik mayoritas maupun minoritas untuk menjalankan komunikasi sosial yang tidak memicu ledakan konflik.

Mediasi sebagai pihak yang netral sangat diperlukan saat kedua belah pihak sama-sama tegang dan punya tensi yang tinggi. Tidak hanya itu, mediasi juga dapat membuat semuanya dilihat dari kacamata yang obyektif selama dia berdiri atas nama kebenaran dan keadilan.

 

Baca juga :

75 Persen Penganiayaan Agama Dialami Umat Kristen

Mesir : Bentrok Massa Kristen dan Muslim Terjadi Lagi

Pelajaran yang Dapat Ditarik dari Kenaikan Yesus

Berbagai Mitos Salah dalam Mendidik Anak

5 Kasus Fobia Unik Menyangkut Kesehatan

Pernah Coba Klepon Kacang Ijo? Ini Resepnya

Budaya Indonesia yang Mulai Memudar

Memberkati Bisa Melalui Apa Saja, Termasuk Media

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami