Palsukan Dokumen, Pendeta YH Dari Bethany Malang Ditetapkan Tersangka
Sumber: google

Internasional / 26 April 2013

Kalangan Sendiri

Palsukan Dokumen, Pendeta YH Dari Bethany Malang Ditetapkan Tersangka

Puji Astuti Official Writer
13621

Sebuah kabar mengejutkan kembali terdengar dari Gereja Bethany Indonesia, jika sebelumnya keras terdengar ganjang-ganjing perseteruan antara dua orang pendiri sinode tersebut, kini seorang pendeta yang bernaung di sinode itu ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan pemalsuan dokumen.

Tersangka adalah pendeta berinisial YH, pendeta sekaligus pengurus Gereja Bethany Indonesia di Jalan Tenaga Baru IV/6 Kota Malang, Jawa Timur. Pendeta YH dituduh telah melakukan peralihan hak atas sertifikat hak milik Gereja Bethany Indonesia yang sebelumnya berstatus milik jemaat gereja Bethany Malang menjadi atas namanya.

"Sudah ada 8 orang saksi yang kita periksa. Termasuk YH yang sebelumnya diperiksa sebagai saksi dan sekarang kita tetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan gelar perkara," demikian pernyataan Kasubdit Hardabangtah Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Hadi Utomo, Jumat (26/4).

Selain menetapkannya sebagai tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa foto kopi sertifikat yang diduga palsu, surat dukungan pengalihan sertifikat, dan surat-surat lain yang diduga digunakan tersangka untuk merubah status SHM gereja.

Gereja seluas 1.767 meter persegi yang diperkirakan senilai 50 miliar rupiah berupa aset tanah dan bangunan tersebut seharusnya tidak bisa dipindah alihkan menjadi milik pribadi tanpa sepengetahuan atau ijin tertulis dari Majelis Pekerja Sinode (MPS) Gereja Bethany Indonesia, hal tersebut tertuang dalam AD/ART Sinode Gereja Bethany Indonesia.

Pendeta YH selanjutnya akan dijerat Pasar 263 dan 266 KUHP dan akan segera menjalani pemeriksaan pertama pada Rabu (1/5) nanti. Kasus ini muncul setelah adanya jemaat yang memberikan laporan pada Polda Jatim tertanggal 4 Maret 2013 dengan pelapor Alexander Yunus Irwantono.

Sungguh disayangkan muncul berita-berita miring tentang gereja dan hamba-hamba Tuhan. Umat tentu berharap agar gereja dan para pelayan-pelayannya dapat menjadi pengayom dan teladan, hal-hal seperti kejadian sangat tidak diharapkan. Terlebih perkara tentang aset gereja yang seharusnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk melayani umat.

Baca juga artikel lainnya :

Humas Gereja Bethany Surabaya : Kami Tidak Pernah Khawatir

Jemaat Memang Bisa Tuntut Gereja Bethany Indonesia

Gereja Bethany Surabaya Polisikan Leonard Limato

Bagaimana Menguji Hubungan yang Benar ?

Bukan Meninggalkan Kita

Program Televisi Berkualitas Lahir Dari Tangan Orang-orang Ini

Sumber : Sumber Tribunnew.com | Detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami