AS Luncurkan Desain Baru Uang 100 Dolar Oktober Nanti

Spirituality / 25 April 2013

Kalangan Sendiri

AS Luncurkan Desain Baru Uang 100 Dolar Oktober Nanti

Yenny Kartika Official Writer
10532

Untuk keempat kalinya dalam sejarah negara Amerika Serikat, akan ada uang kertas baru pecahan $100.

Setelah 3 kali penundaan akibat produksi yang berlangsung lebih lama dari perkiraan, warga AS akhirnya akan mengantongi uang $100 yang berteknologi tinggi, demikian disampaikan The Fed (Federal Reserve, bank sentral AS), Rabu (24/4).

Uang baru ini akan dirilis pada 8 Oktober 2013 mendatang.

The Fed mengklaim bahwa $100 yang baru ini merupakan puncak dari desain dan riset yang dilakukan selama berpuluh-puluh tahun.  

Uang kertas $100 yang baru akan memiliki serangkaian pengukur keamanan untuk mencegah pemalsuan: pita keamanan 3-dimensi berwarna biru di bagian depan, yang tampak seakan bergerak saat uang dibolak-balik atas-bawah dan kiri-kanan. Benang pengaman dijalin ke dalam kertas, bukan dicetak, dan menggunakan teknologi mikro terbaru. Hampir satu juta lensa mikro digunakan untuk membuat ilusi ini.

Pada uang, terdapat gambar lonceng dan botol tinta yang berwarna tembaga saat dilihat dari depan. Namun, ketika uang dimiringkan, gambar lonceng akan berubah warna menjadi hijau—memunculkan efek gambar lonceng yang hilang timbul dalam botol tinta.

Uang $100 baru ini akan menjadi versi keempat yang didesain ulang, menurut juru bicara The Fed. Selama 20 tahun terakhir, telah dilakukan 3 kali perubahan guna mengantisipasi semakin majunya teknologi pemalsuan uang.

Desain $100 baru yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 2010 ini tadinya akan diluncurkan pada 11 Februari 2011. Namun, Desember 2010 lalu The Fed mengumumkan penundaan tanpa batas waktu. Alasannya, mereka hendak memastikan agar produksi uang baru ini tidak meninggalkan kebingungan akan uang $100 lama yang sudah beredar di pasaran dan dunia.

 

BACA JUGA:

Pegang Prinsip, Tukang Bunga Ogah Layani Nikah Pelanggannya
Selandia Baru Hapus Kata "Suami-Istri" dari UU
Katakan Homoseksual Bisa Berubah, Politisi Ekuador Didenda $3000
Gereja Inggris Enggan Berkati Pernikahan Sejenis
Petir Datang, Migrain Menyerang
4 Langkah Mudah untuk Mengampuni

Sumber : CNN | FOX 40 | NEW MONEY | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami