10 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
Sumber: google

Gizi & Nutrisi / 23 April 2013

Kalangan Sendiri

10 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Puji Astuti Official Writer
22899

Gigi, ini adalah organ tubuh yang sangat penting bagi kita, tanpanya semuanya tidak akan sama lagi. Bayangkan jika senyum Anda tidak lagi dihias gigi-gigi yang putih dan indah.. Ups..jangan sampai ya. Tahukah Anda menjaga gigi agar tetap utuh dan sehat bukan hanya dengan sikat gigi saja? Anda perlu mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang akan membuat gigi dan gusi tetap sehat. Apa saja itu?

1. Teh Hijau.
Teh hijau memiliki senyawa yang sangat bermanfaat bagi gigi, antioksidan alaminya mencegah plak terakumulasi sehingga mengurangi resiko gigi berlubang dan bau mulut. Beberapa jenis teh hijau bahkan mengandung fluoride yang dapat melindungi gigi dari kerusakan.

2. Produk susu dan yogurt rendah lemak dan gula
Susu dan yogurt selain minuman sehat dapat membantu mengurangi resiko erosi pada gigi karena kaya kalsium.

3. Keju
Keju adalah produk turunan dari susu yang memiliki manfaat yang signifikan karena mengandung fosfat dan kalsium. Selain itu keju membantu menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam mulut, menghasilkan air liur yang lebih banyak dan membangun kembali enamel gigi, serta membunuh bakteria penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

4.Buah-buahan
Buah yang dimakan mentah dapat mengurangi plak dan memijat gusi Anda. Pilihlah buah-buahan yang kaya vitamin C, karena jika Anda kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi dan gusi lebih rentan terhadap penyakit.

5. Sayuran
Sayuran seperti brokoli, wortel, ubi jalar, dan labu kaya akan vitamin A yang baik untuk membangun enamel gigi. Akan sangat baik jika memakannya mentah.

6. Bawang merah
Bawang kaya akan senyawa belerang yang merupakan anti bakteri yang kuat, dapat membunuh bakteri yang membahayakan gigi dan gusi. Namun memakan bawang mentah memberi efek samping, yaitu bau.

7. Seledri
Seledri adalah teman bagi para dokter gigi, mengapa? Karena makan seledri mentah akan membantu membersihkan gigi Anda dan membuat mulut memproduksi banyak air liur yang menetralkan bakteria penyebab gigi berlubang.

8. Biji wijen
Biji wijen yang dikombinasikan dengan roti dan bolu gulung dapat melarutkan plak serta membantu menjaga email gigi. Biji wijen yang lezat ini juga kaya kalsium yang menjaga gigi dan rahang tetap sehat.

9. Protein
Protein hewani seperti daging sapi, ayam, telur dan kalkun kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D. Pastikan Anda mengkonsumsi protein yang cukup setiap hari.

10. Air
Air bukan saja memberi kehidupan saat meminumnya, namun saat berkumur air membersihkan mulit sehingga air liur dapat memelihara gusi dan gigi dengan baik.

Nah, itulah 10 makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Pastikan Anda mengkonsumsinya dengan seimbang sehingga Anda dapat terus tersenyum dengan indah.

Baca juga artikel lainnya :

Anak Rick Warren Bunuh Diri Karena Gay?

Gereja Ini Rayakan Tragedi Bom Boston

Uruguay Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

MU Juara Liga Inggris, City Lapang Dada Beri Selamat

Benarkah Hipnoterapi, Solusi Tepat Bagi Penderita Fobia ?

Bangkai Babi Di Dasar Mata Air

Segala Upaya Kulakukan Untuk Mendapat Keturunan

Sumber : dental.net
Halaman :
1

Ikuti Kami