Jokowi : Butuh Waktu Panjang Jakarta Jadi Kota Ramah Anak
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 18 April 2013

Kalangan Sendiri

Jokowi : Butuh Waktu Panjang Jakarta Jadi Kota Ramah Anak

Puji Astuti Official Writer
2523

Jakarta, ibukota negara Indonesia ini menduduki posisi teratas dalam kasus kekerasan terhadap anak di negeri ini. Ingin mengubah fakta tersebut, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi akan mengusahakan kota yang dipimpinnya menjadi sebuah daerah yang ramah dan layak anak.

"Ya kota layak anak, tetapi itu kan memerlukan proses yang panjang. Itu delapan tahun saja belum bisa benar," demikian jelas Jokowi, Kamis siang (18/4) di Balai Kota.

Menurut Jokowi, anak-anak membutuhkan ruang publik yang baik dan juga ruang untuk belajar. Ia pun menceritakan pengalamannya saat menjadi Wali Kota Solo telah merealisasikan arena bermain anak-anak, perpustakaan, fasilitas tehnologi informasi dan juga forum-forum diskusi yang dibangun di setiap perkampungan.

Jokowi berharap hal yang sama dapat ia terapkan di Kota Jakarta sehingga anak-anak tidak kehilangan masa kecilnya dan membuat kehidupan mereka menjadi lebih positif, luwes dan aman. Ia pun mengakui bahwa fakta dilapangan saat ini masih memprihatinkan.

"Memang masih ada realitas di lapangan yang sering dijumpai kekerasan terhadap anak. Tugas kita memperbaikinya," demikian tegas gubernur berbadan kurus itu.

Rencananya, Joko Widodo akan diminta untuk menjadi ikon gerakan stop kekerasan terhadap anak oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Rencana tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Anak merupakan generasi penerus bangsa ini, mereka seharusnya dirawat dan dididik dengan penuh kasih. Namun yang terjadi seringkali jauh dari harapan, banyak yang mengalami siksaan baik secara verbal maupun fisik, bahkan ada yang dilecehkan secara seksual dan juga di eksploitasi secara ekonomi. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan lebih lama lagi, perlu tindakan konkrit untuk mengatasi kekerasan terhadap anak. Semoga dengan apa yang dilakukan oleh Joko Widodo dan juga banyak pihak yang peduli, masa depan anak-anak negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Baca juga artikel lainnya :

Kopassus Akan Bantu Jokowi Bersihkan Sungai Ciliwung

Ngerasa Ndeso, Jokowi Gak Pernah Rayakan Ulang Tahun

Jaminan Perlindungan Saat Ujian Kehidupan Menerpa

Segala Upaya Kulakukan Untuk Mendapat Keturunan

Sumber : Beritasatu.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami