Kopassus Akan Bantu Jokowi Bersihkan Sungai Ciliwung
Sumber: merdeka.com

Nasional / 17 April 2013

Kalangan Sendiri

Kopassus Akan Bantu Jokowi Bersihkan Sungai Ciliwung

daniel.tanamal Official Writer
3909

Keinginan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk melibatkan Korps Komando Pasukan Khusus atau Kopassus untuk menjaga kebersihan lingkungan di Ibu Kota, khususnya di Sungai Ciliwung, ditanggapi positif oleh Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo.

"Mimpinya Pak Jokowi kan Kali Ciliwung bersih, kami siap mewujudkan itu. Kebetulan Ciliwung itu sangat jorok, sudah dua tahun kami bersihkan," ujar Agus seusai menghadiri HUT ke-61 Kopassus, Selasa (16/4).

Kopassus sendiri saat ini sudah punya program "Green, Clean, and Healthy" atau "Jumat Bersih, Sabtu Hijau, Minggu Sehat" yaitu program pembinaan prajurit teritorial korps Kopassus yang salah satunya adalah pembersihan Sungai Ciliwung, yaitu pengangkatan sampah melalui jaring apung dan penghijauan di sepanjang sungai yang memiliki hulu di Bogor, Jawa Barat.

Jokowi sendiri kini mengakui pihaknya tengah menyiapkan realisasi konkret kerja sama tersebut. Langkah yang dilakukan adalah dengan menginventarisir kondisi di lapangan, serta kemudian masuk ke tahap eksekusi.

"Kalau sudah diputuskan langsung bekerja. Masyarakat harus didorong, karena memang kesadarannya rendah. Terus bagaimana kalau tidak didorong, tidak disuntik," kata Jokowi, Selasa (16/4).

Penanganan terhadap lingkungan dan kebersihan terutama di ibukota lebih dibutuhkan pemerintah daerah terutama dengan bantuan anggota aparat keamanan seperti TNI yang memungkinkan kebijakan tersebut berlangsung dengan tertib dan disiplin.

 

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami