Soal Telat Dikirim, Ujian Nasional di 11 Provinsi Diundur
Sumber: antara news

Nasional / 14 April 2013

Kalangan Sendiri

Soal Telat Dikirim, Ujian Nasional di 11 Provinsi Diundur

Puji Astuti Official Writer
3533

Dengan alasan adanya kendala teknis pengepakan yang berakibat mundurnya pengiriman naskah soal Ujian Nasional (UN), akhirnya pelaksanaan UN di 11 provinsi diundur.

“Jumlah siswa di 11 provinsi tersebut sebanyak 1,1 juta di 3.601 SMA/MA dan 1.508 SMK. Untuk 22 provinsi yang lain sudah siap. Termasuk DKI tetap dilaksanakan sesuai jadwal yaitu mulai senin besok,”  demikian pernyataan Mendikbud, Mohammad Nuh, Minggu (14/4).

Dalam berita yang dirilis situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendiknas.go.id, 11 provinsi yang dimaksud adalah Kalimantan Selatan , Kalimantan Timur, Sulawewsi Utara, Sulawesi Tengah , Sulawesi Selatan , Sulawesi Tenggara , Bali , Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Mengetahui adanya kemunduran jadwal Ujian Nasional ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan kepada Kemendikbud untuk melakukan investigasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat.

Menurut Mohammad Nuh, investigasi keterlambatan UN ini akan ditangani oleh Indpektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Haryono Umar. Pihak percetakan yaitu PT Ghalia yang gagal mendistribusikan soal ujian tepat waktu nantinya akan diberikan sanksi terkait kelalaiannya tersebut.

Ujian Nasional menjadi perhelatan penting dalam dunia pendidikan di Indonesia, tentunya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, namun dengan mundurnya distribusi soal ini patut dipertanyakan tentang bagaimana proses persiapan yang dilakukan. Karena gagal mempersiapkan, berarti mempersiapkan kegagalan.

Walau demikian, mundurnya jadwal persiapan UN di 11 provinsi ini diharapkan tidak mengendurkan semangat siswa yang menghadapi UN. Tetap semangat, manfaatkan waktu karena mundurnya jadwal ini untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi, dan jalani ujian dengan jujur.

Baca juga artikel lainnya :

Kemendikbud Jamin Kerahasiaan Pelapor Kecurangan UN

Kunci Jawaban Ujian Nasional Adalah Hak Publik

Ujian Nasional Lahirkan Generasi Korup

Kamu Mengambil Tempatku

Cemburu Pada Pasangan, Bolehkah?

Puji Tuhan! Saya Tidak Menganggur Lagi Setelah SMS ke Konseling Center CBN

Sumber : Tempo.co | Kemendikbud.go.id | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami