Umat Kristen Mesir Dituduh Sebagai Biang Keladi Rusuh Kairo

Internasional / 11 April 2013

Kalangan Sendiri

Umat Kristen Mesir Dituduh Sebagai Biang Keladi Rusuh Kairo

daniel.tanamal Official Writer
4227

Umat Kristen dilaporkan begitu berang setelah mendengar bahwa mereka dituduh sebai biang keladi dan pemicu kerusuhan antar kelompok pada Senin lalu di dekat Gereja Katedral Abbasiya di Ibu Kota Kairo. Seorang asisten presiden di kementerian luar negeri bernama Issam al-Haddad mengeluarkan tudingan itu di laman salah satu jejaring sosial.

Al-Haddad, seperti dilaporkan stasiun televisi Al Arabiya, Rabu (10/4), mengatakan bahwa kerusuhan terjadi ketika upacara pemakaman yang dilangsungkan Senin lalu, sejumlah umat Katolik yang marah menyerang mobil-mobil yang lewat. Kejadian itu memicu orang-orang yang berada di dekat katedral itu membalas dengan lemparan batu dan kontak senjata pun terjadi.

Sebelumnya dalam bentrok sektarian pada Jumat pekan lalu, lima orang tewas. Empat dari kelompok Kristen Koptik, dan satu dari kelompok Muslim di Kota al-Khsoos. Bentrok pada Senin lalu juga menimbulkan korban jiwa. Ada dua warga yang tewas dan 89 orang lainnya terluka. Presiden Mesir Mohamed Morsi sendiri telah menyatakan bahwa kerusuhan tersebut adalah bentuk perlawanan terhadap pemerintahannya.



Sumber : merdeka.com
Halaman :
1

Ikuti Kami