Flu Saat Hamil Tingkatkan Resiko Autis pada Bayi

Flu Saat Hamil Tingkatkan Resiko Autis pada Bayi

Yenny Kartika Official Writer
12933

Seorang ibu yang menderita flu saat mengandung, atau mengalami demam selama lebih dari 1 minggu, kemungkinan akan melahirkan anak dengan resiko autisme yang lebih tinggi, demikian ungkap penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal Pediatrics.

“Penemuan kami memang menarik untuk tujuan penelitian, tetapi sebaiknya itu tidak menjadi alarm bagi wanita yang sedang hamil,” kata peneliti dari Denmark’s University of Aarhus, Hjordis Osk Atladottir, MD, PhD. “Perlu ditekankan bahwa sekitar 98% dari wanita yang dilibatkan dalam studi ini—yang mengalami influenza atau demam atau mengonsumsi antibiotik selama kehamilan—tidak melahirkan anak autis.”

Tidak ada bukti adanya peningkatan resiko autisme dalam diri anak-anak yang lahir dari wanita yang mengalami pilek, infeksi sinus, dan infeksi saluran kemih dan kelamin selama mengandung. Namun, mengalami flu selama kehamilan memiliki kaitan dengan peningkatan resiko 2 kali lipat anak yang lahir menderita autisme. Anak tersebut akan terdeteksi autis sebelum usia 3 tahun.

Sementara itu, ibu hamil yang mengalami demam lebih dari 1 minggu beresiko 3 kali lipat melahirkan anak dengan autisme.

Studi pada hewan-hewan menemukan bahwa perlawanan terhadap infeksi pada saat kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin, demikian diungkapkan Coleen Boyle, PhD, ketua National Center on Birth Defects and Development Disabilities dari Center of Disease Control. Boyle mengingatkan bahwa flu pada ibu hamil menyebabkan lebih banyak masalah ketimbang pada ibu yang tidak sedang hamil.

Menurut dokter anak Andrew Adesman, MD., hubungan antara autisme dengan faktor genetik telah mulai dipahami, namun hubungannya dengan faktor non-genetik masih misteri.

Oleh karena itu, setiap ibu hamil diharapkan waspada jika sedang mengandung dalam musim hujan atau musim penyebaran flu. 

 

Baca juga artikel lainnya:

Kisah Nyata Bocah yang Sembuh Dari Autisme

Kisah Nyata Hizkia Timothy dan Kelamnya Masa Kecil

Bayinya Tidak Jadi Mati, Wanita Ini Tuntut Klinik Aborsi

Gak Sadar Hamil, Seorang Ibu Melahirkan di Tengah Banjir

Buah Penantian Sang Buah Hati

Sumber : WEBMD | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami