Desmond Tutu Dapat $1,7 Juta Karena Promosikan Pengampunan dan Keadilan
Sumber: Reuters

Internasional / 5 April 2013

Kalangan Sendiri

Desmond Tutu Dapat $1,7 Juta Karena Promosikan Pengampunan dan Keadilan

Puji Astuti Official Writer
2401

Uskup Afrika Selatan yang anti-arpatheid, Desmond Tutu memenangkan anugrah Templeton Prize 2013 dengan hadiah senilai $1,7 juta karena membantu dan menginspirasi dunia dengan mempromosikan pengampunan dan keadilan. Pengumuman tentang hadiah bagi Desmond Tutu ini diberitakan pada Kamis (4/4) lalu.

Desmond Tutu yang pernah memenangkan Nobel Perdamaian pada tahun 1984 tersebut kini telah berusia 81 tahun. Dia menjadi pemimpin dalam perjuangan hak asasi manusia di akhir abad ke 20 ini. Mantan Uskup Anglikan di Gereja Cape Town, Afrika Selatan ini memainkan peranan penting dalam jatuhnya apartheid dan kemudian bekerja kerasn untuk membawa pemulihan bagi masyarakat Afrika Selatan.

"Ketika Anda berada di tengah kerumunan dan kemudian Anda mencuat diantara kerumunan tersebut, itu biasanya karena Anda sedang berada di atas pundak orang lain," demikian pernyataan Tutu yang dikutip oleh yayasan yang berbasis di Amerika itu.

"Saya ingin memberikan penghargaan kepada semua orang yang mengagumkan yang menerima saya sebagai pemimpin mereka di rumah dan menerima hadiah ini sebagai perwakilan mereka," demian tambahnya.

Yayasan Templeton didirikan oleh John Templeton pada tahun 1972, seorang investor Amerika yang sangat dermawan. Templeton Prize secara nilai hadiahnya lebih besar dari Nobel dan diberikan kepada orang yang masih hidup yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk meneguhkan dimensi kehidupan spiritual.

Selamat untuk Uskup Desmond Tutu, semoga dengan anugrah ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mengikuti jejaknya, mempromosikan pengampunan dan keadilan.

Baca juga artikel lainnya :

Balas Dendam Penebusan

Minggu Pengampunan, Awali Prapaskah Kristen Orthodoks

Kisah Pencari Sorga, Mulai di Kuburan Hingga Berguru Pada Dukun

Tips Agar Kakak Tidak Cemburu Pada (Calon) Adik

Puji Tuhan! Saya Tidak Menganggur Lagi Setelah SMS ke Konseling Center CBN

Sumber : Reuters.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami