ABG Jenius Yang Ciptakan Aplikasi Ringkas Serbaguna

ABG Jenius Yang Ciptakan Aplikasi Ringkas Serbaguna

Lois Official Writer
5778

Nick D’Aloisio menjadi bahan perbincangan di dunia teknologi, pasalnya remaja yang baru berusia 17 tahun ini menciptakan sebuah aplikasi bernama Summly yang akhirnya dibeli Yahoo dengan harga sangat tinggi. Nilai transaksi yaitu senilai USD 30 juta atau di kisaran Rp 291 miliar. Dia pun menjadi pegawai Yahoo termuda. Seperti apa sepak terjangnya sampai bisa berhasil seperti sekarang?

Usia 12 Tahun Bisa Pemrograman

Nick lahir pada 1995 di Inggris, lahir dari keluarga berada. Ayah Nick berprofesi sebagai pengusaha investasi dan ibunya seorang pengacara. Nick akrab dengan dunia komputer sejak usia belia. Pada usia 12 tahun, dia sudah bisa melakukan pemrograman. Komputer pertamanya adalah MacBook Pro dimana dia belajar iMovie, Final Cut Pro untuk membuat video yang bagus. Orangtuanya sepenuhnya mendukung dan memberikan fasilitas. Tahun 2007, dia diberikan iPhone.

Buat Aplikasi iPhone Sendiri

Setelah dibelikan iPhone, Nick ingin membuat aplikasi sendiri. Dia mendownload iPhone development kit dan mendesain software pertamanya, yaitu aplikasi musik bernama SongStumblr lalu FingerMill yang didaftarkannya ke App Store. “Aplikasi itu memang buruk namun saat itu hanya ada beberapa ribu aplikasi di App Store dan aplikasi ini didownload beberapa ratus kali,” ujar Nick.

Nick membuat aplikasi yang dinamakan Facemood, aplikasi yang menganalisa timeline Facebook untuk menentukan mood pengguna dan juga aplikasi Trimmit yang didownload 100 ribu orang. Trimmitlah yang merupakan versi awal Summly. Adapun aplikasi ini berbasis untuk mengendalikan informasi yang sangat banyak betebaran di dunia maya sehingga ringkas.

Gaet Investor

Kesuksesan Trimmit menarik perhatian Horizons Ventures, firma investasi milik Li Ka Shing, miliarder China yang merupakan orang terkaya nomor 11 di dunia. Horizons Ventures ini bukan perusahaan sembarangan, karena telah menanamkan dana di berbagai perusahaan tenar seperti Skype, Facebook, ataupun Spotify. Dana suntikan dari Li Ka Shing sebesar USD 250 ribu membuat Nick bisa membuat aplikasi Summly, versi lebih canggih dari Trimmit. Aplikasi ini menyederhanakan konten website dan hasil pencarian. Summly dapat menyajikan ringkasan, artikel berita, dan review di layar ponsel secara praktis. Summly dirilis untuk iPhone pertengahan Desember 2011 dan akan menyambangi Android.

Digaet Yahoo

Kabar ketertarikan Yahoo pada Summly sudah berhembus sejak akhir tahun lalu. Yahoo pun sekarang resmi membeli Summly. Nick dan kedua pegawai Summly pun direkrut menjadi karyawan Yahoo. "Pada usia 15 tahun, Nick menciptakan aplikasi Summly di rumahnya di London. Aplikasi ini tercipta dengan visi kita hidup di dunia dengan informasi konstan dan kita perlu cara untuk menyederhanakan bagaimana kita menemukan sesuatu yang penting bagi kita," kata Yahoo dalam pernyataannya. Nick sendiri merasa Yahoo dan Summly adalah perpaduan yang tepat.

Bekerja Sambil Sekolah

Nick akan bekerja sambil tetap meneruskan sekolahnya di King’s College, London. “Aku akan menjadi pekerja Yahoo, namun di akhir pekan aku tetap akan bertemu pacar dan teman-temanku. Aku pikir teman-temanku tidak akan mengubah sikapnya padaku,” jelas Nick. Nick juga sudah punya rencana atas uang yang diperolehnya dari Yahoo. “Aku berencana untuk menginvestasikannya. Orangtuaku yang akan mengontrol semuanya. Saat ini aku hanya ingin membeli tas selempang,” ujar Nick lagi.

Sedari muda, kembangkanlah sayapmu pada sesuatu yang menjadi talenta ataupun hal-hal positif yang bisa membawa engkau maju. Meskipun sudah dewasa, jangan menyerah atas apa yang sudah Tuhan berikan bagi Anda, teruslah mengejar cita-cita dan impian yang Anda punyai.

 

Baca juga :

5 Anak Paling Jenius Di Dunia

Suka Duka Jadi Anak Jenius

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Kita Bisa Jadi Batu Karang yang Teguh?

Faktor Penentu Anak Bisa Tampil PD

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Indonesia : Rujak

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami