Agenda Panjang Paus Fransiskus Selama Masa Paskah

Internasional / 31 March 2013

Kalangan Sendiri

Agenda Panjang Paus Fransiskus Selama Masa Paskah

daniel.tanamal Official Writer
2874

Hanya beberapa pekan setelah Jorge Mario Bergoglio terpilih menjadi pemimpin otoritas umat Katholik sedunia bergelar Paus Fransiskus, dirinya harus menjalani serangkaian agenda yang begitu panjang dalam menyambut dan memperingati Hari Raya Paskah.

Agenda sudah dimulai dalam perayaan Minggu palma pada 24 Maret. Kemudian memimpin Kamis Putih, Kamis (28/3) lalu, dengan merayakan Misa Krisma di Basilika St Petrus, Vatikan. Dalam kegiatan misa ini, Paus asal Argentina tersebut memberkati minyak yang akan digunakan sepanjang tahun untuk Sakramen Baptisan, Pentahbisan, dan Peneguhan Para Imam, serta Pengurapan Orang Sakit.

Pada hari Jumat Agung, Paus Fransiskus memimpin misa Jumat Agung di Basilika St Petrus. Beberapa jam kemudian, sekitar pukul 21.15, Paus melakukan perjalanan ke Colosseum untuk memimpin Jalan Salib, yang terdiri dari 14 stasi pemberhentian sebelum pemakaman Yesus Kristus.

Pada Sabtu Suci, Paus Fransiskus akan memimpin prosesi pada pukul 20.30 di dalam Basilika Santo Petrus. Prosesi ini akan berlangsung dalam gelap, hanya diterangi satu lilin di altar, untuk Malam Paskah.


Prosesi panjang ini akan ditutup dengan Hari Paskah Minggu dimana Paus merayakan Misa Paskah di Lapangan Santo Petrus untuk menandai kebangkitan Yesus Kristus. Dia akan mengakhiri kegiatan Pekan Suci dengan memberikan berkat Urbi et Orbi yang kedua sebagai Paus.



 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami