Umat Katholik Awali Jumat Agung dengan Jalan Salib

Umat Katholik Awali Jumat Agung dengan Jalan Salib

daniel.tanamal Official Writer
5851

Seluruh umat Katholik di Indonesia memulai ibadah Jumat Agung secara serentak dengan mengawalinya dengan prosesi jalan salib. Di Jakarta, mayoritas umat terpusat di Gereja Kathedral, Jakarta. Pada Jumat (29/3) pagi tadi diperkirakan sekitar 1.500 jemaat mengikuti ibadah mengenang kematian dan penyaliban Yesus Kristus.

"Tadi pagi sudah ada sekitar 1.500 jemaat yang hadir dalam prosesi jalan salib, dan nanti siang pada acara puncak (penghormatan salib) diperkirakan jemaat akan bertambah menjadi 3.500. Misa Jumat Agung di Katedral dibagi menjadi tiga jadwal, yakni pukul 12 siang, pukul 3 sore dan pada pukul 6 petang nanti," ujar Ketua umum Panitia Paskah, Grace Tanus.

Selain itu peringatan jumat agung tahun ini terjadi peningkatan jumlah jemaat yang hadir dibandingkan tahun lalu. Tema Paskah tahun ini sendiri berfokus pada masalah kemiskinan. "Saat ini rasa kepedulian harus semakin ditingkatkan. Untuk ke depannya, saya berharap pimpinan gereja katolik harus bisa menjadi teladan bagi umatnya. Kepedulian sangat penting untuk kehidupan saat ini bagi kaum yang terpinggirkan," ujar Grace.

Secara luas, pelaksanaan perayaan jumat agung di Indonesia berjalan lancar dan aman dengan kawalan ketat dari aparat keamanan. Bahkan ada juga ormas dan umat non-Kristen yang ikut membantu keamanan dan ketertiban.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami