Segar Bugar di Kantor Tanpa Kafein

Info Sehat / 28 March 2013

Kalangan Sendiri

Segar Bugar di Kantor Tanpa Kafein

Yenny Kartika Official Writer
5650

Untuk menjaga tubuh tetap segar, banyak orang mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Meskipun lumayan manjur, kafein menimbulkan beberapa efek samping seperti kehilangan selera makan, nyeri di bagian perut, detak jantung tak teratur, menangis berlebihan, dan lain-lain.

Jadi, bagaimana untuk bisa terhindar dari rasa kantuk saat beraktivitas di kantor? Berikut ini lima (5) tips sederhana untuk tetap segar bugar tanpa kafein:

 

#1 Istirahat Sejenak

Ambil waktu untuk istirahat dan berjalan-jalan di luar ruangan selama 5 menit. Istirahatkan pikiran, mata, dan tubuh Anda. Bila perlu, Anda dapat melakukan peregangan badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sedikit gerakan selama bekerja dapat memberi pengaruh terhadap ukuran lingkar pinggang, Body Mass Index (BMI), kadar trigliserida dan 2-h plasma glukosa. Artinya, sebuah gerakan sederhana akan berdampak pada bentuk tubuh, dibandingkan dengan tetap berdiam dalam posisi yang sama terus-menerus.

 

#2 Cuci Muka dengan Air Es

Air dingin dapat menyegarkan badan serta membangunkan Anda. Air dingin pada kulit dapat merangsang sirkulasi di seluruh tubuh dan menghalau debu kotoran dari kulit. Cucilah muka Anda dengan air es beberapa kali sehari. Dijamin Anda tetap segar selama beraktivitas.

 

#3 Minum Air

Air merupakan minuman energi dari alam yang dapat membantu Anda tetap segar di kantor. Minum cukup banyak air dapat menjaga otak tetap terasah dan tubuh penuh tenaga. Studi menunjukkan sejumlah manfaat air, yakni: membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem imunitas, meningkatkan konsentrasi, dan mengobati sakit punggung serta sakit kepala.

 

#4 Makan dengan Jumlah Lebih Sedikit, namun Lebih Sering

Buatlah rencana untuk makan setiap 3 atau 4 jam sekali. Porsi makan sedikit namun sering dapat membantu menjaga keseimbangan energi sepanjang hari. Selain itu, pola makan demikian dapat mengisi otak Anda dengan ‘bahan bakar’ yang diperlukan dalam jumlah cukup.

 

#5 Konsumsi Vitamin B dan C

Makanlah makanan yang kaya akan vitamin B jika ingin tetap segar. Kebanyakan vitamin B dapat membantu mengubah gula darah menjadi energi yang berguna. Contoh makanan yang kaya akan vitamin B: hati, daging sapi, tuna, oat, pisang, kentang, kefir, dan alpukat.

Selain itu, vitamin C juga sebaiknya dikonsumsi. Makanlah beberapa potong jeruk karena asam sitrat yang terkandung di dalamnya mampu menangkal kelelahan kronis. Vitamin C juga membantu menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan. Di samping manfaat tersebut, aroma harum berbagai jeruk (lemon, jeruk nipis, dll) dapat membangkitkan kewaspadaan.

 

Kesimpulan

Meskipun hendak mencapai target dan melakukan kinerja terbaik, kesehatan tubuh harus tetap diutamakan. Jika sakit sudah menghadang, tak ada pekerjaan yang dapat ditangani dengan baik.

 

Baca juga artikel lainnya:

Cara Mudah Agar Mata Awet Muda

Bahaya Masker dan Peranannya dalam Kesehatan

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Berbagai Efek Buruk Minuman Soda Buat Keindahan Tubuh

Kisah Nyata Catherine si Model Cantik: Ada Harga Mahal yang Harus Kubayar

Jadi Konselor bagi Wanita yang Jual Diri demi Bayar SPP

Sumber : berbagai sumber | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami