Gereja Orthodoks Siprus Tawarkan Aset Gereja Untuk Atasi Krisis

Internasional / 21 March 2013

Kalangan Sendiri

Gereja Orthodoks Siprus Tawarkan Aset Gereja Untuk Atasi Krisis

Puji Astuti Official Writer
3829

Siprus saat ini sedang mengalami krisis keuangan yang parah. Politisi dan pemodal berebut untuk menyetujui kesepakatan untuk membuat negara tersebut keluar dari krisis yang membutuhkan pinjaman sebesar 20 miliar dolar Amerika. Solusi meliputi nasionalisasi dana pensiun, menjual bank ke Rusia, atau mengambil uang dari tabungan masyarakat Siprus. Namun ada sebuah tawaran lagi yang cukup mengejutkan, pinjaman dari Gereja Orthodoks Siprus.

Kepala Gereja Orthodoks Siprus, Uskup Agung Chrysostomos II menawarkan untuk menggadaikan aset milik gereja untuk membantu negaranya keluar dari masalah keuangan. Berapa aset gereja? Menurut wawancara dengan Chrysostomos yang dirilis oleh ABC News, gereja memiliki tanah dan hotel yang nilainya beberapa milyar dolar.

Sekalipun tidak cukup menyelamatkan Siprus, namun menurut Uskup Agung ini cukup untuk membuat Siprus tidak harus meminta-minta pinjaman dari Uni Eropa.

"Solusinya akan datang dari dalam dan kita harus berdiri di kedua kaki kita sendiri, tanpa bantuan orang lain," ungkap Uskup Agung Chrysostomos II. "Jika saya tidak membantu negaraku sendiri, negara iini akan runtuh. JIka orang-orang menderita, maka gereja juga akan mengalami nasib serupa."

Walau demikian saat ini pihak gereja tidak bersedia merilis aset yang dimilikinya. Uskup Agung Chrysostomos merencakan menggadaikan tanah gereja dan hotel sebagai jaminan. Gereja Orthodoks Siprus juga diketahui memiliki saham terbesar dari bir Siprus dan pemegang saham utama Bank Hellenic.

Uskup Agung juga menyarankan agar Siprus meninggalkan Uni Eropa karena merasa negaranya diperlakukan dengan tidak adil dan meninggalkan mereka dalam keadaan krisis. Chrysostomos juga mengajak rakyat Siprus untuk berkorban dan membayar kembali hutang negara. Dia menyarankan agar pemerintah membuat obligasi negara.

Uskup Agung Siprus ini berharap agar tindakan gereja untuk menolong pemerintah ini menjadi sebuah teladan bagi seluruh masyarakat. Ia yakin bahwa gereja masih memiliki pengaruh yang cukup besar di negara tersebut dan bahwa rakyat negeri itu akan saling mendukung untuk membantu pemerintah dalam mencari solusi.

Tindakan Uskup Agung Chrysostomos ini terbilang cukup berani, namun memang benar bahwa gereja harus membuat tindakan nyata dan menjadi solusi permasalahan dalam bermasyarakat dan bernegara. Mari dukung doa agar masyarakat Siprus dapat segera keluar dari permasalahan ekonomi yang menjerat mereka, dan negara tersebut dapat melihat bagaimana Tuhan turut campur tangan di dalamnya.

Baca juga :

Daud Tony, Dukun Santet Yang Kalah Oleh Pendeta

Kualifikasi Piala Asia : Menang Kalah, Timnas Akan Diberi Bonus

Juventus Lirik Pemain Berdarah Indonesia Ini

KWI : Kami Bersukacita Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

Cry of the Broken

Abraham Alex Tanuseputra Diduga Palsukan Akte Pendirian Gereja

The Way You Love Me

Sumber : ABC News | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami