Basuki Gandeng World Bank Tangani Jakarta

Nasional / 18 March 2013

Kalangan Sendiri

Basuki Gandeng World Bank Tangani Jakarta

Zee Official Writer
3094

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta menggandeng World Bank (Bank Dunia) untuk membantu menangani masalah perkotaan yang dihadapi Ibu Kota.

Basuki bertemu dengan perwakilan Bank Dunia untuk membahas masalah pencemaran sungai, transportasi, dan pembangunan rumah untuk warga Jakarta, "Kita ingin belajar dari pengalaman mereka. Bagaimana mereka bisa menyelesaikan masalah-masalah kota," kata pria yang akrab disapa Ahok tersebut di Balaikota Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Pemprov DKI akan meminta Bank Dunia berperan sebagai konsultan yang selalu mendampingi dalam penyelesaian masalah perkotaan, serta dalam menjalankan program-program unggulan. Selain itu, Pemprov DKI juga akan mengajak Bank Dunia untuk membantu program penataan sungai, salah satu prioritas tahun ini.

"Misalnya masalah pencemaran sungai, seperti yang dibangun di Shanghai. Melalui pengalaman World Bank dengan dana pemerintah pusat, lalu bagaimana kita mengelola kerja samanya," kata Basuki.

Selain itu Pemprov DKI akan belajar dari Bank Dunia mengenai mekanisme pengalihan alokasi subsidi bahan bakar yang akan dialihkan untuk menunjang program unggulan seperti menambah alokasi anggaran Kartu Jakarta Pintar (KJP)/

"Daripada subsidi bahan bakar cuma untuk orang kaya yang lebih mampu, lebih baik kita gunakan untuk membangun rumah sakit, membangun rusun, dan mencetak banyak KJP untuk anak sekolah yang tidak mampu. Nah, model-model itu yang mau dibahas lagi," ujarnya.

Menurut Basuki, saat ini Bank Dunia hanya berperan sebagai konsultan pembangunan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk pengajuan dana pinjaman kepada Bank Dunia untuk biaya pembangunan.

"Tapi jangan bilang, kalau kita enggak mau minjam sama dia. Itu kan enggak enak, belagu namanya," kata Basuki.

Sebagai negara berkembang, pembelajaran yang diambil dari pihak lain merupakan sebuah hal yang disarankan. Hal itu dapat memberikan ilmu dan pelajaran baru mengenai taktik dan siasat terbaik yang dapat digunakan sehingga pembangunan dapat berjalan lebih optimal.


Baca juga artikel lainnya:

Ahok: Penertiban Bukan Wewenang Hercules

Realisasikan Program Bedah Kampung, Ahok Adakan Rapat Sore Ini

Ahok : Saya Bersikap Sesuai Norma Agama Saya

Oz: The Great and Powerful - Kekuatan VS Siasat

Sumber : kompas / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami