Pendeta Ditahan karena Pasang Kamera Tersembunyi di Toilet

Pendeta Ditahan karena Pasang Kamera Tersembunyi di Toilet

Yenny Kartika Official Writer
4921

Mantan pendeta asal Indiana, Amerika Serikat, didakwa pada Jumat (15/3) atas tindakan merekam secara sembunyi-sembunyi seorang wanita yang ada di dalam toilet gereja.

Robert Lyzenga, pendeta dari gereja Sunrise Christian Reformed, sebenarnya telah ditangkap Mei 2012 lalu. Salah seorang jemaat gereja menemukan sebuah penyejuk udara yang terlepas ari pintu toilet, dan kemudian ia melihat ada kamera di dalamnya.

Wanita ini kemudian memeriksa bilik toilet di sebelahnya, dan menemukan hal yang sama: penyejuk udara di dalam pintu yang memiliki kamera di dalamnya.

Salah satu video dalam kamera tersebut menunjukkan bahwa kamera-kamera diputar terlebih dahulu di ruang kantor Lyzenga, sebelum diletakkan di pintu toilet.

Setelah melewati investigasi berbulan-bulan lamanya, kini Lyzenga didakwa atas beberapa tuduhan. Korban yang terekam kamera berjumlah sedikitnya 10 orang, lima di antaranya adalah anak-anak.

Penatua gereja Matt DeYoung mengatakan, “Ini hal yang berat dan emosional. Kami terpukul. Kami tidak menyangka hal semacam ini terjadi.”

Toilet atau kamar mandi merupakan tempat privasi yang seharusnya tidak dapat diekspos kepada publik. Dengan memasang kamera di tempat tersebut, berarti sama dengan menerobos privasi seseorang. Tindakan tak bernorma semacam demikian seharusnya tidak diulangi kembali, terutama jika kita menyadari peran penting kita dan kehormatan yang dimiliki dalam memegang jabatan tertentu.

 

Baca juga artikel lainnya:

Pesan Paus Fransiskus: Semua Harus Mengacu Pada Injil

Cinta Ditolak, Paus Francis I Menjadi Pendeta

Pendeta Palti Panjaitan Dijadikan Tersangka Penganiayaan

Jenice: Saya Sisihkan Uang Jajan Untuk Memberkati Bangsa

Sumber : Fox 59 | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami