Gereja Beri Rp 96 Miliar Pada Korban Pelecehan Seksual Pastor

Internasional / 16 March 2013

Kalangan Sendiri

Gereja Beri Rp 96 Miliar Pada Korban Pelecehan Seksual Pastor

Budhi Marpaung Official Writer
3631

Keuskupan Agung Gereja Katolik Roma Kota Los Angeles, Negara Bagian California, Amerika Serikat, melakukan sebuah tindakan yang jarang dilakukan Gereja-gereja Katolik Roma yang para pastornya diketahui terlibat dalam kasus pelecehan seksual.

Jika biasanya pihak gereja hanya menyampaikan permintaan maaf, dalam pernyataan yang dikutip the Telegraph, Rabu (13/3), pihak Gereja Katolik Roma Kota Los Angeles mengumumkan bahwa mereka setuju membayar biaya sebesar Rp 96 Miliar pada empat pria yang menjadi korban pelecehan seksual mantan Pastor bernama Michael Baker.

Baik pengacara pelaku dan pengacara para korban dikabarkan juga sudah sepakat dengan jumlah uang yang merupakan bagian dari proses penyelesaian kasus yang mencoreng Gereja Katolik ini.

Untuk diketahui, Michael Baker melakukan pelecehan seksual beberapa kali kepada empat anak muda di tahun 1970-an, termasuk ketika dalam perjalanan ke San Diego.

Baker mengakui perbuatannya pada 1986 namun Kardinal Los Angeles saat itu, Roger Mahony tetap mengizinkan dia menjadi pastur.

Baker sendiri akhirnya mendapat ganjaran penjara pada Desember 2007 setelah pengadilan setempat memutuskan dirinya bersalah karena melakukan pelanggaran berat. Namun, pada Oktober 2011 ia menerima pembebasan.

Baca juga :

Sore Ini, Prabowo Temui SBY di Kantor Presiden

Cry of the Broken

Paus Baru Pilih Nama Francis, Apa Alasannya ?

Abraham Alex Tanuseputra Diduga Palsukan Akte Pendirian Gereja

The Way You Love Me

Sumber : merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami