Kisah Fareba dan Nabila yang Dijajah oleh Ketidaksetaraan Derajat

Nasional / 14 March 2013

Kalangan Sendiri

Kisah Fareba dan Nabila yang Dijajah oleh Ketidaksetaraan Derajat

Lois Official Writer
3284

Kakak beradik Fareba dan Nabila Gul merupakan contoh nyata sikap perlawanan atas ketidakadilan untuk wanita yang dianggap sebagai orang rendahan di Afghanistan. Mereka bunuh diri akibat budaya tersebut.

Nabila masih cukup beruntung dibanding gadis seusianya di negara itu. Dia mempunyai ayah dan ibu yang mengijinkannya memakai celana jins, berdandan, serta menenteng ponsel kemana-mana. Namun, ketika masalah hubungan dengan lawan jenis muncul, Fareba juga sempat menasihati adiknya ini agar membatasi pergaulannya dengan laki-laki. Namun Nabila malah nekat mengakhiri nyawanya, seperti dilansir surat kabar New York Times (12/3).

Dia mengkonsumsi racun tikus yang ternyata bekerja terlalu kuat hingga dia tak sadarkan diri. Dia pun segera dilarikan ke rumah sakit. Namun, perempuan yang hendak memasuki perguruan tinggi ini tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Sang ibu sempat menuding Fareba terlalu keras pada adiknya. Sang ayah Muhammad Gul malah pingsan dan terkena serangan jantung.

Fareba yang merasa bersalah telah menekan adiknya, ikut mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di sebuah tempat paling suci di kota itu yakni Masjid Hazrat Ali. Saat Muhammad Gul pulang ke rumah dia mendapati ada dua peti mati bersebelahan. Lelaki itu kembali jatuh pingsan saat mengetahui putri sulungnya juga meninggal. Kejadian memilukan itu menjadi buah bibir seantero kota dan dunia.

Segala sesuatu yang keterlaluan dapat menyebabkan ketidakseimbangan. Masih ada ketidakadilan untuk wanita di dunia ini yang diberantas, karena wanita juga dibentuk oleh Tuhan. Punya hak dan kewajiban yang seimbang meskipun tidak selalu sama.

 

Baca juga :

Kisah Cinta Seorang Prajurit di Afghanistan

Opium, Makanan Biasa Buat Orang Afghanistan

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Caranya Memberkati Musuh?

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami