Fakta Pemanasan Global Dari Mencair Sampai Penyelamatnya

Nasional / 13 March 2013

Kalangan Sendiri

Fakta Pemanasan Global Dari Mencair Sampai Penyelamatnya

Lois Official Writer
4686

Tidak dapat dihindari, bumi saat ini sedang mengalami pemanasan global, jika kita semakin tidak peduli maka kita akan kehilangan tempat tinggal di galaksi ini. Lantas, kita juga belum menemukan tempat tinggal yang baru. Karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga agar bumi jangan semakin memanas dan kita ikut terpanggang di dalamnya. Ini beberapa fakta menarik menyangkut pemanasan global, yaitu :

Seperlima Lapisan Es Kanada Akan Cair Abad Ini

Aktivitas manusia menyebabkan pemanasan global dimana permukaan laut akan naik sampai 1,4 inci atau 3,5 sentimeter. “Meski kita menganggap pemanasan global belum sampai tingkat fatal, sangat besar kemungkinan es yang akan mencair lebih mengkuatirkan dari perkiraan,” ujar Jan Lanaert, kepala studi sekaligus ahli meteorology Utrech University, Belanda. “Dan kemungkinan gletser itu muncul kembali sangatlah tipis,” katanya lagi.

Suhu Capai Suhu Tertinggi Dalam 4.000 Tahun

Belum pernah terjadi bahwa suhu bumi akan benar-benar panas, menembus level yang belum pernah dicapai bumi sejak era jaman es (ice age) jika pemanasan global berlangsung. Beberapa ratus decade lagi, bumi akan panas sekali. Setidaknya hal itu terlihat dalam 4000 tahun terakhir dimana temperatur bumi lebih panas dari sebelumnya.

Sampah Juga Ada di Bawah Kedalaman 5000 Meter

Sampah menjadi salah satu penyebab pemanasan global, terutama sampah plastik yang susah diuraikan sehingga menyebabkan bumi tidak lagi steril dan menjadi kotor. Saat para peneliti mengambil gambar di lubang hidrotermal terdalam yang ada di lautan, mereka juga menemukan sampah. “Kami cukup kaget, di bawah kedalaman 5000 meter kamera kami menemukan dua sia minuman ringan, satu botol dan satu minuman kaleng,” ujar James Cook, ketua tim peneliti National Oceanography Centre.

Penyelamat Pemanasan Global Ternyata Gunung Berapi

Sebuah tim yang dipimpin oleh University of Colorado Boulder mencari petunjuk tentang mengapa kehangatan bumi tidak sesuai perkiraan para ilmuwan, dengan temperatur lebih dingin dari perkiraan. Maka, didapatlah melalui hasil tahun 2000 dan 2010 ternyata puluhan gunung berapi yang memuntahkan belerang atau sulfur diaksida menjadi salah satu faktor yang memperlamban isu pemanasan global. Bumi perlu perhatian kita semua.

 

Baca juga :

2050, Ribuan Pulau di Indonesia Tenggelam

Di Masa Depan, Bumi Akan Krisis Hujan

Bagaimana Caranya Memberkati Musuh?

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Tips Mudah Cara Benar Pakai Masker

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami