Ingin Dunia Sains Maju Di Indonesia, Yohanes Surya Dirikan Universitas

Internasional / 10 March 2013

Kalangan Sendiri

Ingin Dunia Sains Maju Di Indonesia, Yohanes Surya Dirikan Universitas

Lois Official Writer
4714

Anak Tuhan yang satu ini mencintai tanah airnya Indonesia. Hal ini terbukti dengan keinginannya untuk memajukan dunia sains dan teknologi nasional dengan membentuk Surya Institute. Yohanes Surya, seorang professor bidang Fisika ini bahkan juga mendirikan Universitas Surya yang baru saja diresmikan pada Sabtu (9/3) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Universitan Surya ini nantinya akan menjadi universitas murni berbasis riset yang mampu bersaing dengan universitas terkemuka di dunia, seperti Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika. Dia optimis, tidak sampai tahun 2030 universitas ini sudah sekelas Harvard dan MIT.

“Ini bukan mimpi kosong,” kata Yohanes baru-baru ini dalam keterangan tertulisnya. Untuk mewujudkan mimpi itu, ada tiga faktor penting yang harus menunjang yaitu dosen yang hebat, mahasiswa yang hebat, dan fasilitas yang hebat. Rencananya Universitas Surya juga akan sering menghadirkan banyak ilmuwan peraih Hadiah Nobel bidang sains dan teknologi sebagai dosen tamu. “Mereka akan membagikan ilmu dan pengalamannya dengan universitas ini,” ujarnya. Saat ini Universitas Surya telah memiliki 200 dosen bergelar doctor. Lima tahun ke depan, jumlahnya akan bertambah menjadi 1000 doktor.

Mahasiswa yang hebat akan diperoleh dengan cara menjaring lewat olimpiade fisika, kimia, matematika, dan biologi. Mereka yang berhasil akan diberi beasiswa bahkan sampai 100 persen. Soal fasilitas yang hebat, Universitas Surya akan ditopang puluhan lembaga riset nasional dan internasional, saat ini total ada 40 pusat dan akan terus bertambah menjadi 80 pusat riset dalam beberapa tahun mendatang sehingga setiap mahasiswa bisa memakai tempat tersebut.

Yohanes mengatakan, Indonesia perlu sumber daya manusia unggulan yang menguasai sains dan teknologi, yang diperlukan untuk menjadi trendsetter dan pelaku utama yang mampu bertahan dalam persaingan global. “Sumber daya manusia yang canggih seperti itu hanya bisa dihasilkan oleh universitas yang benar-benar berbasis riset,” ujar pendiri Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) ini. Selama hidup di muka bumi ini, jadilah berkat buat orang lain melalui talenta yang kita punya.

 

Baca juga :

Yohanes Surya Menentang Penghapusan IPA

Yohanes Surya, Sinarkan Secercah Surya Untuk Anak Indonesia

Bagaimana Caranya Memberkati Musuh?

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Bahaya Masker dan Peranannya Dalam Kesehatan

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!


Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami