SBY Khawatirkan Kelompok yang Ingin Guncang Pemerintah

Nasional / 5 March 2013

Kalangan Sendiri

SBY Khawatirkan Kelompok yang Ingin Guncang Pemerintah

daniel.tanamal Official Writer
2092

Menyikapi pantauannya dan laporan Badan Intelijen Negara yang diterima terkait kondisi perpolitikan di Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada para elite politik dan kelompok-kelompok tertentu agar jangan keluar dari jalur demokrasi dan jangan ada upaya untuk membuat pemerintahan terguncang.

"Saya hanya berharap kepada para elite politik dan kelompok-kelompok tertentu, tetaplah berada dalam koridor demokrasi. Itu sah. Namun, kalau lebih dari itu, apalagi kalau lebih dari sebuah rencana untuk membuat gonjang-ganjing negara kita, untuk membuat pemerintah tidak bisa bekerja, saya khawatir ini justru akan menyusahkan rakyat kita," katanya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (3/3/2013).

SBY melihat bahwa guncangnya negara hanya akan membuat kehidupan di Indonesia ke depannya berjalan menjadi tidak baik. Dirinya melihat bahwa seharusnya semua pihak menjaga stabilitas politik sepanjang tahun ini dan tahun 2014 agar pemilu 2014 bisa berjalan demokratis, aman, dan tertib.

"Jangan sampai dengan sangat susah payah kita menjaga perekonomian kita tetap tumbuh, tapi kemudian harus tercabut karena keadaan dalam negeri yang tidak kondusif. Misalnya stabilitas politik, stabilitas sosial, dan situasi keamanan terganggu akibat hiruk-pikuk politik yang dilakukan oleh sejumlah elite politik dan kelompok-kelompok tertentu. Kalau itu terjadi, rakyat juga yang akan menderita," papar Presiden.

Seluruh elemen bangsa harus menyadari bahwa ketentraman dan persatuan bagi negara lebih utama dibanding mempertahankan ego untuk kepentingan golongan dan pribadi sendiri. Dalam kapasitas itu, pemerintah juga wajib untuk menunjukkan kinerjanya dengan tegas menindak setiap pelaku kerusuhan secara cepat dan tepat.

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami