Bahaya Masker dan Peranannya Dalam Kesehatan

Bahaya Masker dan Peranannya Dalam Kesehatan

Lois Official Writer
30242

Masker penutup wajah biasanya digunakan orang untuk pencegahan terhirupnya polusi udara yang tidak sehat ataupun mencegah orang lain tertular flu yang sedang diderita. Permasalahannya, apakah masker itu sendiri aman dan sehat untuk digunakan? Lantas, masker yang seperti apa yang aman?

Fungsi Masker

Menyaring partikel berbahaya yang beredar bebas di udara, filter awal sebelum udara masuk ke hidung kita.

Beberapa Jenis Masker di Pasaran

Masker dokter : Masker yang sering kita lihat dipakai di rumah sakit, masker ini hanya untuk satu kali pakai.

Masker Berlapis Tourmaline : masker ini memiliki tourmaline yang terbuat dari partikel nano yang begitu halus, bekerja pada titik akupuntur daerah wajah. Dengan gelombang bio-ion, gaya aktivasi dan metabolisme, bisa menembus lapisan kulit sedalam 9mm.

Masker kain : masker yang paling banyak dijual di pasaran dengan berbagai motif yang menarik perhatian.

Bahaya Masker

Namun, masker juga memiliki bahaya walau tak terlihat. Karena selalu menyaring udara yang masuk, tentunya banyak kotoran atau residu yang tersaring di masker. Residu inilah yang berbahaya bagi kesehatan. Partikel halus yang menempel di kain masker kalau tidak dicuci dengan air bersih dapat terhirup dalam saluran pernafasan kita.

Masker yang Baik

Pada dasarnya, masker yang baik adalah masker yang dapat digunakan sekali saja.

Itulah beberapa informasi yang dapat dijadikan refensi untuk masker penutup wajah / hidung. Seperti dikatakan, ada baiknya masker yang digunakan adalah masker sekali pakai saja. Namun, pilihan di tangan Anda.

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami