Pakar Ekonomi : SBY Tak Paham Soal Perbankan dan Moneter

Nasional / 26 February 2013

Kalangan Sendiri

Pakar Ekonomi : SBY Tak Paham Soal Perbankan dan Moneter

Budhi Marpaung Official Writer
3655

Dimajukannya nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendapat kecaman keras dari para kalangan ekonom di dalam negeri.

Pakar Ekonomi Tony Prasetyantoko menyatakan bahwa dengan merokemendasikan Agus Martowardojo sebagai orang nomor satu di Bank Sentral menunjukkan bahwa SBY tidak paham sektor perbankan dan moneter.

Oleh sebab itu, ungkap dia, Presiden perlu memberikan alasan keterangan kepada publik mengapa melakukan hal tersebut. "Karena kalau tanpa penjelasan apa-apa, saya memperoleh kesan bahwa SBY tidak paham bahwa, pertama Agus Marto adalah bankir komersial yang menguasai aspek mikroprudensial perbankan," imbuh Tony kepada wartawan, Senin (25/2).

Padahal, lanjut Tony, posisi Gubernur BI seharusnya menguasai makroprudensial dengan latar belakang ekonomi makro dan moneter.

Kemudian hal yang kedua adalah tahun 2014 mendatang BI tidak akan lagi menangani pengawasan perbankan komersial karena sudah dipindah ke OJK. “Jadi, kesannya SBY tidak mengerti masalah dan beda tugas antara BI, OJK, dan perbankan umum (komersial). Ketiganya campur aduk," imbuhnya.

Tony mengaku tidak mengerti dengan agenda Presiden SBY yang satu ini. "Bagi saya ini tetap misteri. Saya gagal memahami agenda SBY," pungkasnya.

Baca juga : 

Di Belakang Pemimpin yang Sukses

Hindari Minuman Bersoda Jika Ingin Sehat

Kopdar Perdana 2013 JCers  

Reckless  

Kisah Nyata Masa Kelam John Peter, Pengusaha 1,2 Miliar

Sumber : merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami