Pengacara Rasyid Rajasa : Bukan Uang Suap Tapi Uang Santunan

Nasional / 25 February 2013

Kalangan Sendiri

Pengacara Rasyid Rajasa : Bukan Uang Suap Tapi Uang Santunan

Puji Astuti Official Writer
3717

Rasyid Amrullah Rajasa, putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa hingga hari ini masih menjalani persidangan atas kecelakaan yang menyebabkan dua orang meninggal dunia. Namun menurut pangacara Rasyid, Riri Purbasari Dewi, keluarga korban telah menerima santunan , hal itu bukanlah bentuk penyuapan sekalipun akhirnya keluarga korban tidak menuntut kliennya.

"Tidak benar pemberian santunan dan pertolongan biaya untuk perawatan Rumah Sakit serta biaya sekolah oleh Pak Hatta Rajasa merupakan suap," demikian pernyataan Riri, Senin (25/2).

Menurut Riri, keluarga korban meminta proses hukum dihentikan karena menganggap apa yang terjadi sebagai musibah yang sudah ditakdirkan yang kuasa, dan hal tersebut tidak berkaitan dengan santunan yang diberikan oleh pihak keluarga Hatta Rajasa. Sebaliknya, santunan yang diberikan adalah itikad baik dari pihak keluarga Rasyid sebagaimana sudah diatur dalam undang-undang.

"Pemberian santunan itu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 235 ayat 1 dan 2,"  demikian tambah Riri.
Saat ini Rasyid Rajasa menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan dakwaan Primer Pasal 310 ayat 3 jo Pasal 310 ayat 2, Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No.22 Tahun 2009.

Jika mengacu pada pasa 235 ayat 1 dan 2, dituliskan disana bahwa "bantuan kepada korban berupa biaya pengobatan dengan tidak menggugurkan tuntutan perkara pidana", maka proses penindakan kasus yang dialami Rasyid ini harus berjalan terus. Karena dalam UUD 45 pasal 28 telah dinyatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di mata hukum, maka seharusnya tidak ada pengistimewaan sekalipun Rasyid adalah anak seorang menteri. Jika Anda, apakah setuju "uang damai" menjadi penyelesaian kasus hukum seperti pada kasus kecelakaan yang dialami Rasyid ini?

Baca juga artikel lainnya :

Pengampunan Berguna Bagi Kebaikan Kita Sendiri

Hargailah Anak-Anak Anda

Hindari Minuman Bersoda Jika Ingin Sehat !

Jessica Chastain: Oscar Tahun Ini Terasa Pahit

Sumber : Antaranews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami