Lima Anggota TNI Tewas dalam Baku Tembak di Papua

Nasional / 21 February 2013

Kalangan Sendiri

Lima Anggota TNI Tewas dalam Baku Tembak di Papua

daniel.tanamal Official Writer
2772

Lima anggota pasukan TNI tewas dalam baku tembak dengan pasukan bersenjata di Pos Maleo Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kamis pagi tadi (21/2) sekitar pukul 09.30 WIT.

Menurut kabar yang dirilis KompasTV, kontak tembak terjadi dengan pasukan bersenjata yang sejauh ini diidentifikasi sebagai kelompok Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) pimpinan Goliath Tabuni. Anggota TNI yang tewas adalah prajurit Wahyu Wibowo akibat tertembak di bagian dada.

Empat anggota lainnya adalah Sertu Udin dan Sertu Frans dari Koramil setempat, serta Sertu Ramadhan dan Pratu Mustofa yang berasal dari Yonif 753 Nabire yang bertugas di sana. "Korban yang meninggal rencananya akan dievakuasi dulu ke Jayapura. Atas nama Panglima dan seluruh keluarga besar TNI sangat berduka atas kejadian ini. Inilah resiko kami TNI dalam bertugas," ujar juru bicara Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Jansen Simanjuntak.

Sementara itu korban lainnnya yang teridentifikasi adalah Komandan Pos Tingginambut Letnan Inf. Reza yang mengalami luka tembak di bagian lengan kiri dan kini masih sadarkan diri. Kontak senjata hingga saat ini masih terjadi kawasan itu, dan Pos TNI di Maleo dikabarkan terkepung. Sumber KompasTV menduga penyerangan ini merupakan imbas dari Pemilukada di Kabupaten Puncak Jaya, pascakekalahan Elvis Tabuni.

Kejadian baku tembak yang mengakibatkan korban tewas seperti ini adalah situasi serius dan genting yang harus segera diselesaikan pemerintah. Pembiaran dan lamanya penyelidikan hanya akan membuat gelombang bola salju yang mungkin akan menerpa pihak yang tidak bersalah.

Sumber : kompas.com/metrotvnews
Halaman :
1

Ikuti Kami