Hal yang Terjadi Seputar Kejatuhan Meteorit di Rusia

Nasional / 19 February 2013

Kalangan Sendiri

Hal yang Terjadi Seputar Kejatuhan Meteorit di Rusia

Lois Official Writer
3481

Meteor ini meluncur ke bumi hanya beberapa jam sebelum asteroid 2012 DA14. NASA pernah menegaskan, meski jarak peristiwa kedua benda angkasa hampir bersamaan, namun tidak berkaitan mengingat jalur asteroid dan meteor Rusia memiliki lintasan yang berbeda secara signifikan. Namun peristiwa yang menyebabkan 1200 korban mengalami luka-luka ini lebih besar dan jauh lebih kuat dari perkiraan NASA sebelumnya.

“Meteorit ini adalah chondrite (jenis meteorit yang belum mengalami diferensiasi dari kondisi awalnya) biasa, ini adalah meteorit yang tersusun dari unsur batu yang mengandung sekitar 10 persen besi,” kata Victor Grohovsky dari the Urals Federal University. Karena jatuh di Danau Chebarkul, Rusia maka kemungkinan akan diberi nama meteorit Chebarkul.

Meteor berdiameter sekitar 15 meter saat menghujam bumi ini meluncur dengan kecepatan yang melebihi suara. Namun ternyata, sebuah bola panas berukuran kacang menyerempet tangan remaja 14 tahun bernama Gerrit Blank sebelum memantul ke tanah dan menyebabkan lubang seukuran kaki di tanah. Selamatnya remaja wanita itu adalah sebuah keajaiban, hanya terjadi satu kali dalam satu juta kasus.

Blank sedang dalam perjalanan ke sekolah saat melihat cahaya berbentuk bola dari arah langit. “Awalnya, saya hanya melihat bola cahaya besar, kemudian tiba-tiba saya merasakan sakit di tangan, lalu sepersekian kemudian, terdengar suara ledakan besar seperti suara petir,” katanya dikutip Telegraph, Senin (18/2). Suara yang muncul membuat telinganya berdenging selama berjam-jam. “Ketika tangan saya merasa sakit, saya langsung berlari menjauh ke arah jalan,” ujarnya lagi.

Kejadian terhadap Blank bisa dibilang sebuah keajaiban jika mengingat ada 1200 orang yang cedera hanya karena pengaruh meteorit, dimana meteorit itu sendiri terjatuh di danau.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (3-Tamat)

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak 

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Resep Lain dari Pempek : Pempek Panggang

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami