1000 Orang Terluka Akibat Hujan Meteor di Rusia

Nasional / 16 February 2013

Kalangan Sendiri

1000 Orang Terluka Akibat Hujan Meteor di Rusia

Puji Astuti Official Writer
4243

Pemerintah Rusia, Sabtu (16/2) menyatakan sekitar 1000 orang terluka karena hujan meteor yang jatuh diwilayahnya, dan 200 diantaranya adalah anak-anak. Wilayah yang mengalami banyak kerusakan dan korban adalah daerah Chelyabinsk, walau sebagian besar bukanlah luka serius.

Hujan meteor yang digambarkan badan antariksa Amerika NASA sebagai "asteroid kecil" ini telah meledak di tengah-tengah wilayah Rusia dengan kekuatan setara 300.000 ton dinamit, demikian ungkap badan luar angkasa Rusia.

Akibatnya sekitar 3000 gedung hancur, sebagian besar kerusakan pada pecahnya kaca-kaca dan menimbulkan gelombang kecut yang menyebabkan rentetan ledakan, demikian berita yang dikutip CNN dari lembaga beria resmi Rusia RIA Novosti.

Sehari setelah hujan meteor tersebut, Rusia mulai mengerahkan 20.000 pekerja tanggap bencana untuk melakukan pembersihan dan perbaikan. Wilayah yang mengalami kerusakan sebesar 200.000 kilo meter, dan kerugian diperkirakan mencapai 33 juta dolar Amerika. Dengan suhu udara yang dapat membekukan, kerusakan gedung-gedung yang ada semakin menambah penderitaan penduduk yang menjadi korban bencana hujan meteor ini.

Menurut NASA kasus hujan meteor serupa ini terjadi setiap 100 tahun. Setelah sebelumnya NASA menyebut benda angkasa yang jatuh ini meteorid kecil, Jumat malam mereka melakukan revisi dengan menyatakan diameternya sekitar 15-17 meter dan beratnya antara 7000 hingga 10.000 ton. Daya ledak dari meteor ini diperkirakan sekitar 300 hingga 500 kilo ton. Jika dibandingkan dengan bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945 yang hanya sebesar 15 kiloton, maka ledakan ini sangat hebat.

Alam semesta menyimpan banyak misteri tentang bagaimana semua benda di tata surya ini mengorbit. Meteor yang jatuh di Rusia ini hanyalah sebagian kecilnya saja. Semuanya itu menggambarkan bagaimana kekuasaan Tuhan seperti yang pernah pemazmur tuliskan "Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;" [kitab]mazmu19:1-2[/kitab]. Walau apa yang terjadi di Rusia merupakan bencana yang menyedihkan, namun kiranya hal tersebut kembali mengingatkan umat manusia akan kedaulatan Tuhan.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Menjadi Teman yang Baik  

Mitos-Mitos Keliru Tentang Kanker  

Kuserahkan Hidupku, Andalkan Sisi Keintiman

Sumber : CNN | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami