Survei : Remaja Indonesia Banyak yang Hamil Muda

Nasional / 16 February 2013

Kalangan Sendiri

Survei : Remaja Indonesia Banyak yang Hamil Muda

Lois Official Writer
4493

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI nampaknya punya banyak pe-er setelah didapati bahwa angka remaja putri yang melahirkan pada usia 15-19 tahun di Indonesia cukup tinggi. Menurut Kepala BKKBN RI Dr. Sudibyo Alimoeso MA ini, hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan.

Pada 2007 hanya 35 per 1.000 remaja putri yang melahirkan. Namun, pada 2012 jumlahnya menjadi 48 per 1.000 remaja putri. “Oleh karena itu pemerintah menetapkan target jumlah remaja putri yang melahirkan 30 per 1.000 remaja putri pada 2014,” jelasnya. Sebelumnya, Presiden SBY juga telah memanggil Menko Kesra dan Menkes atas kasus ini dan mempertanyakan kenapa bisa terjadi.

Menurut Alimoeso, penyebabnya antara lain faktor hubungan seks bebas di kalangan remaja. Remaja putri yang melahirkan sebagian besar berada di pedesaan dimana 69 per 1.000 remaja putri di pedesaan dan 32 per 1.000 remaja putri di perkotaan. “Remaja terus diimbau agar jangan terlalu kawin muda, jangan terlalu tua kawin dan jangan terlalu banyak anak yang dilahirkan dan jangan terlalu rapat melahirkan,” katanya.

Untuk itu juga, BKKBN diminta agar menggiatkan akselerasi kependudukan dan KB. Remaja akan diberi pengetahuan keseahtan reproduksi dan seksualitas sehingga lebih mampu mengontrol aktivitas seksnya. Selain itu, pemerintah kabupaten dan kota diminta agar meningkatkan komitmen dalam pelayanan KB dan memastikan ketersediaan alat kontrasepsi.

Ketika kita masih muda, berusahalah meraih impian dan cita-cita ataupun tujuan Tuhan dalam hidupmu. Namun, bukan berarti terus-menerus bekerja hingga lupa waktu. Segala sesuatu ada masanya. Lakukan semuanya sesuai dengan masanya dan kita pun akan mendapatkan hasil yang sesuai.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (2)

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak 

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Ini Dia Resep Pempek Adaan

Sumber : beritasatu by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami