Pelemparan Bom Molotov di Makassar Bukanlah Masalah Kristen

Internasional / 16 February 2013

Kalangan Sendiri

Pelemparan Bom Molotov di Makassar Bukanlah Masalah Kristen

Budhi Marpaung Official Writer
3733

Sebuah pertemuan yang dihadiri para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, kepolisian, TNI, Kejaksaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Pemerintah Kota Makassar diadakan di aula kantor Balaikota Makassar, Kamis (14/2).

Adapun maksud dari pertemuan orang-orang penting di Makassar ini adalah untuk melakukan konsolidasi pasca peristiwa pelemparan bom Molotov ke lima gereja setempat dalam kurang dari sepekan terakhir.

Salah seorang perwakilan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Sulawesi Selatan (PGI Sulsel), Pendeta Untung, menyatakan apa yang terjadi selama beberapa hari belakangan bukanlah semata persoalan gereja dan umat Kristen. Pasalnya, kalau bom molotov membakar gereja, rumah masyarakat sekitar juga ikut terbakar.

"Semua memberikan perhatian dan mengutuk pelemparan bom molotov ini ke lima gereja di Makassar. Masak kita tidak bisa atasi botol-botol. Kalau hanya mengandalkan TNI/Polri, rasio perbedaan dengan warga tidak sebanding. Kita harus tindak lanjuti seperti instruksikan gerakan ini ke bawah," ujar Untung.

Senada dengan Pendeta Untung, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Makassar, Arifuddin Ahmad menyatakan kejadian ini jangan menjadikan masyarakat Makassar terpecah belah. Sebaliknya menjadi momentum yang tepat untuk bersama-sama membenahi Kota Makassar.

"Seluruh majelis di FKUB sempat mempertanyakan motif pelemparan bom molotov di lima gereja. Namun, saya bilang, bukan masalah agama. Sekalipun cara-cara itu memancing karena di rumah agama. Namun, peristiwa ini akan mempersatukan warga Kota Makassar," pungkas Ariffudin.

Menyikapi setiap persoalan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dengan pikiran jernih dan hati yang tulus akan membuat persoalan itu dapat ditangani dengan baik. Sementara, menyalah-nyalahkan pihak lain ketika ada suatu masalah muncul, bukan akan membuat itu selesai tetapi lebih memperparah.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Menjadi Teman yang Baik  

Mitos-Mitos Keliru Tentang Kanker  

Kuserahkan Hidupku, Andalkan Sisi Keintiman

Kalung Mutiara Putih  

Atasi Masalah-Masalah Kesehatan Ini Dengan Coklat

Sumber : Kompas.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami