10 Hal Paling Berkesan Tentang Paus Benediktus XVI

Internasional / 13 February 2013

Kalangan Sendiri

10 Hal Paling Berkesan Tentang Paus Benediktus XVI

Lois Official Writer
3113

Paus yang akan segera mengundurkan diri pada 28 Februari 2013 pukul 20.00 waktu setempat itu mempunyai banyak pengaruh dan jasa serta perbuatan yang signifikan bagi perkembangan umat beragama di dunia, khususnya bagi kemanusiaan. Apa saja yang telah dilakukannya? Ini dia tindakan yang pernah dia ambil dan mengesankan banyak orang yaitu :

Menjadi Paus Tertua

Dia menjadi Sri Paus tertua yang menerima jabatannya. Dia baru menjadi Paus saat telah berusia 78 tahun pada April 2005

Menjembatani Perbedaan

Tahun 2006, dia mengunjungi Mesjid Biru di Istambul dimana dia bergabung dengan imam Muslim dalam doa yang hening.

Hidup Selibat

Hidup selibat menjadi pro kontra akibat banyaknya pelecehan seksual yang dilakukan para petinggi Katolik. Karena itu, pada Maret 2007 Benediktus bersikukuh bahwa pendeta harus hidup selibat.

Peringatan Holocaust

September 2007, dia mengunjungi Vienna, Austria untuk memberikan penghormatan bagi para korban Nazi. Dia mengekspresikan kesedihan, pertobatan dan juga pertemanan pada umat Yahudi.

Meminta Maaf

Paus yang satu ini mau dengan rendah hati meminta maaf atas kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh beberapa pendeta Katolik pada Juli 2008. Dia pun meminta keadilan bagi para korban pelecehan tersebut.

Penyerangan Kepada Dirinya

Pada Hari Natal 2009 lalu, tiba-tiba seorang wanita menyerangnya saat di St. Peter’s Basilica. Wanita bernama Susanna Maiolo itu ternyata menderita kelainan jiwa dan pernah mencoba menyerang Paus tahun sebelumnya.

Menulis Surat Maaf

Pada Maret 2010, Sri Paus mengambil langkah yang tak lazim dengan menulis surat dan meminta maaf kepada umat Katolik di Irlandia yang telah begitu menderita. Umat Katolik yang dimaksud adalah mereka yang pernah mengalami kekerasan seksual dan kemudian ditutup-tutupi oleh gereja.

Mengunjungi Inggris

Di Skotlandia, Paus ini menyaksikan perayaan sejarah Kristen dimana ada sekitar 65.000 orang yang ikut datang. Hal ini dilakukan pada September 2010 lalu dimana dia juga mengunjungi London dan Birmingham.

Paus yang “Gaul” dengan Sosial Media

Dialah Paus pertama yang menjamah sosial media sebagai sarana berkomunikasinya. Pada Desember 2012 dia meluncurkan sosial media dengan akun @pontifex. Dia ingin menjangkau setiap orang melalui akun twitternya tersebut dan akan bisa dilakukan dengan delapan bahasa yang berbeda.

Pengunduran Diri yang Mengejutkan

Inilah berita paling baru yang datang dari Paus Benediktus XVI ini. Pada 11 Februari lalu, dia menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan usia. Menurutnya, kekuatannya sudah tidak sepadan lagi dengan tugas yang harus diembannya.

Itulah sepuluh fakta yang terjadi di seputar Sri Paus kelahiran Jerman ini. Dia memperlihatkan hal-hal yang mengejutkan. Ada banyak hal yang kita bisa pelajari dari dirinya dan kita berharap bahwa Vatikan akan menemukan pemimpin baru yang terbaik.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (2)

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak 

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Ini Dia Resep Pempek Adaan

Sumber : bbc.co.uk by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami