Tanggapan Para Pemimpin Gereja Atas Mundurnya Paus

Internasional / 12 February 2013

Kalangan Sendiri

Tanggapan Para Pemimpin Gereja Atas Mundurnya Paus

Lois Official Writer
3084

“Kami sedih mendengar keputusan Paus Benediktus mengundurkan diri pada 28 Februari mendatang dengan alasan usia lanjut,” ujar Kepala Gereja Anglikan, Uskup Agung Canterbury, Justin Welby menanggapi pengunduran diri tokoh utama umat Katolik yang akan segera melepas jabatannya ini. Dia sepenuhnya bersimpati dengan keputusan tersebut, hal ini dinyatakannya kepada 80 juta umat Anglikan di seluruh dunia.

Hal serupa dinyatakan oleh Kanselir Jerman Angela Merkel dalam pernyataannya pada hari Senin (11/2). Dia mengatakan secara pribadi memiliki rasa hormat terbesar bagi keputusan sulit yang diambil Paus kelahiran Jerman itu. Merkel juga mengatakan bahwa Benediktus akan tetap menjadi salah seorang pemikir keagamaan paling penting pada zaman ini.

Presiden Amerika Barack Obama pun mengemukakan pandangannya mengenai berita mengejutkan ini. Dia menyampaikan penghargaan dan doa bagi Sri Paus karena menurutnya, gereja memainkan peran penting di Amerika dan dunia. Karena itu, dia mengharapkan yang terbaik dalam memilih penggantinya nanti.

Adapun Uskup Agung Pretoria, William Slattery yang berada di Afrika Selatan menyatakan bahwa para umat yang berjumlah 170 juta di sana akan mengenang Sri Paus dengan penuh kasih. Berita itu memang membuat umat di parokinya terkejut tapi mereka memahami alasan yang diberikan.

Paus Benediktus XVI ini merupakan Paus kedua yang mengundurkan diri setelah Paus Gregorius IV yang mundur pada 1415, menurut yang dilansir metrotvnews. Dia akan resmi mundur pada 28 Februari 2013 pukul 20.00 waktu setempat. Adapun pemilihan Paus baru akan dilakukan setelah kemunduran resmi Sri Paus. Siapa yang akan menjadi Paus selanjutnya? Siapapun dia, menurut Vatikan tentu yang terbaik.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (2)

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Ini Dia Resep Pempek Adaan

Sumber : jpnn-metrotvnews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami