Vatikan: Percobaan Pembunuhan Paus Yohanes Paulus II Bukan Perbuatan Muslim

Internasional / 7 February 2013

Kalangan Sendiri

Vatikan: Percobaan Pembunuhan Paus Yohanes Paulus II Bukan Perbuatan Muslim

Zee Official Writer
7418

Pimpinan media Vatikan menolak klaim Ali Agca, pelaku percobaan pembunuhan Paus Yohanes Paulus II bahwa percobaan tersebut diperintahkan oleh Pemimpin Islam di Iran.

“Haruskah kita percaya Agca kali ini? Saya rasa tidak,” kata Fr. Frederico Lombardi di sebuah pernyataan tertulis.

Pada tanggal 1 Februari lalu Fr. Lombardi menyatakan bahwa percakapan yang tercatat di autobiografi Agca dengan almarhum Bapa Suci yang menyatakan bahwa Agca bekerja untuk Ayatollah Khomeini yang meninggal di 1989 adalah tidak benar.Juru bicara Vatikan tersebut menyebutkan bahwa ia telah mengklarifikasi pernyataan tersebut dengan pihak-pihak yang disebutkan di buku seperti mantan juru bicara Vatikan Joaquin Navarro-Valls, dan sekretaris pribadi Paus Yohanes Paulus II, Cardinal Stanislaw Dziwisz, yang hadir pada saat Bapa Suci menemui Agca di sel penjara.

Buku baru karangan penembak Turki ini diterbitkan di Itali pada tanggal 31 Januari kemarin. Fr. Lombardi berpendapat bahwa terbitnya buku tersebut merupakan usaha Agca untuk memperoleh suplai uang juga untuk mengalihkan perhatian para investigator yang menyelidiki tindakan kriminal yang dilakukan Agca di Eropa Timur.

Paus Yohanes Paulus II merupakan sosok yang tidak terlupakan bagi umat Kristen di seluruh dunia, kebaikan hatinya membuat dirinya memaafkan pelaku percobaan pembunuhan yang dilakukan kepadanya pada tahun 1981. Pernyataan Ali Agca merupakan sebuah senjata yang sangat berbahaya yang bisa menjadi pemicu perseteruan antar agama, oleh karena itu, sebaiknya jangan mudah percaya pada pernyataan-pernyataan serupa tanpa adanya bukti konkrit dan klarifikasi yang jelas.


Baca juga artikel lainnya:

Kepolisian Negara Abaikan Laporan Tentang Kekerasan Antar Agama

Trauma Pada Anak Saat Orangtuanya Bercerai

Chinese Zodiac (CZ12): Kisah Pencuri Yang Selamatkan Harta Negara

Sumber : catholicnewsagency.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami