Gempa Berpotensi Tsunami Terjadi di Kepulauan Salomon

Nasional / 6 February 2013

Kalangan Sendiri

Gempa Berpotensi Tsunami Terjadi di Kepulauan Salomon

eva Official Writer
2486

Gempa berkekuatan 8 SR yang mengguncang kepulauan Salomon pada Rabu pagi tadi (5/2) sekitar pukul 11.07 waktu setempat (08.07 WIB) berpotensi tsunami setinggi 1 meter (AP).

Berdasarkan Pusat Peringatan Tsunami untuk wilayah Pasifik (PTWC), pembacaan permukaan air laut menunjukkan tsunami telah terjadi dan mungkin telah merusak pantai di dekat pusat gempa bumi dan mengancam daerah pantai yang letaknya lebih jauh. Sebelum gempa besar ini terjadi, gempa berkekuatan rendah telah melanda Kepulauan Salomon dalam beberapa hari terakhir.

Gempa berpusat di sekitar 70 km sebelah barat Lata dan hampir 600 km dari Honiara dengan kedalaman 5,8 km di dekat Santa Cruz Islands.   

Menurut PTWC, beberapa wilayah selain kepulauan Salomon yang mendapat peringatan serupa yaitu Vanuatu, Naura, Papua Nugini, Tuvalu, Fiji, Kiribati, Kaledonia baru, Kosrae, Wallis, dan Futuna.

Selain itu, tsunami juga diperkirakan terjadi di wilayah Kepulauan Marshall, Howland dan Baker, Pohnpei, Tokelau, Samoa, Kermadec Island, Selandia Baru, Samoa Amerika, Tonga, Australia, Nieu, Kepulauan Cook, Indonesia, Kepulauan Wake, Chuuk, Kepulauan Jarvis, Guam, Marianas Utara, Pulau Palmyra, Yap, Pulau Johnston, Minamitorishima dan Pelau.

Baca juga artikel yang lain:

Pengkotbah Arab Terkenal Memperkosa Putrinya Hingga Meninggal

Tuhan Penentu Kemenangan di Super Bowl

Keripik "Virgin Mary" Menuai Protes Umat Katolik

Hidup Muhammad Ali Tidak Lama Lagi

Produser Al-Jazeera English Online Tewas Di Libanon

Anjing ini Hampir Mati Karena Diduga Gay

Insiden Penembakan Depan Gereja El Shaddai Widuran Solo

Kisah Kekristenan "The Bible" Segera Dirilis

Esensi Pengampunan

Sumber : berbagai sumber/eva
Halaman :
1

Ikuti Kami