Bakteri di Atmosfer Sebabkan Perubahan Iklim dan Sebar Penyakit

Nasional / 4 February 2013

Kalangan Sendiri

Bakteri di Atmosfer Sebabkan Perubahan Iklim dan Sebar Penyakit

Lois Official Writer
4564

Para ilmuwan menemukan hal yang mengejutkan yang terjadi di atmosfer bumi. Para ilmuwan dari Georgia Institute of Technology ini menemukan jumlah bakteri yang mengejutkan di atmosfer bumi. Bakteri inilah yang dapat mempengaruhi iklim planet dan bahkan penyebaran penyakit secara global, seperti dikutip dari TheVerge.

Berbagai sample mikroorganisme yang dikumpulkan dari jarak sekitar enam kilometer di atas permukaan bumi di wilayah Samudra Atlantik dan Laut Karibia itu dikumpulkan sebelum, selama, dan sesudah badai Earl dan Karl tahun 2010. Hasilnya, ada 17 bakteri yang mampu bertahan di troposfer yang merupakan lapisan terendah dari atmosfer bumi, yang terdiri dari mikroorganisme laut, air tawar, darat, bahkan ada juga kotoran manusia dan hewan. Jumlah bakteri jauh lebih berlimpah yaitu sekitar 144 sel bakteri per kubik kaki di udara.

Berdasarkan hal itu, ilmuwan berhipotesis bahwa bakteri yang ada tersebut dapat mempengaruhi pola cuaca di bumi, termasuk tingkat pembentukan dan curah hujan di awan. Ilmuwan juga berspekulasi bahwa adanya bakteri Escherichia, Sterptococcus dan kotoran mikroskopis lain dapat berkontribusi terhadap penyebaran penyakit lewat sirkulasi udara di lapisan troposfer bumi.

Belum ada keterangan resmi bagaimana kita dapat mengatasi permasalahan pelik ini, namun ada satu hal yang pasti bahwa kita harus tetap menjaga tempat tinggal kita ini dan melestarikannya sehingga bisa digunakan secara layak oleh anak cucu kita.

 

Baca juga :

 Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan 

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Tuhan Peduli Bagaimana Akhir dari Jalan Hidupmu

Masalah Bikin Ortu Depresi, Awas Anak Terpengaruh Juga

Sumber : inilah.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami