Di Masa Depan Bumi Akan Krisis Hujan

Nasional / 2 February 2013

Kalangan Sendiri

Di Masa Depan Bumi Akan Krisis Hujan

daniel.tanamal Official Writer
4035

Mengenai fenomena penghujan yang kini begitu berbahaya sehingga dapat menyebabkan bencana, para ilmuwan justru berpendapat bahwa di masa depan bumi akan mengalami krisis hujan akibat pemanasan global. Fenomena ini berbeda dengan pemanasan di masa lalu yang justru meningkatkan curah hujan.

Ddalam publikasinya di jurnal Nature, para ilmuwan mengungkapkan bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh gas rumah kaca dari aktivitas manusia memiliki dampak berbeda dari pemanasan yang hanya disebabkan oleh peningkatan radiasi Matahari. 

Perbedaan tersebut disebabkan karena gas rumah kaca memicu pemanasan pada zona atmosfer berbeda. Gas rumah kaca memperkecil perbedaan temperatur antarlapisan atmosfer. Atmosfer menjadi lebih stabil sehingga curah hujan menurun. "Untuk peningkatan temperatur yang sama, pemanasan akibat radiasi Matahari saja akan memicu curah hujan lebih tinggi daripada gas rumah kaca," papar peneliti dikutip AFP, Rabu (30/1).

Peneliti dari International Pacific Research Center, University of Hawaii, yang terlibat riset Bin Wang juga menambahkan bahwa pemanadsan karena gas rumah kaca akan meningkatkan kekeringan."Dengan lebih sedikit curah hujan maka berarti secara rata-rata ada potensi peningkatan kekeringan," ungkapnya.

Penghujan dan kekeringan sama berbahayanya bagi kelangsungan hidup manusia jika kita tidak memulai untuk lebih peduli dan mengutamakan pelestarian alam. Ketidakpedulian kita saat ini terhadap lingkungan akan berimbas pada kerugian yang akan diterima anak cucu kita nantinya dalam berinteraksi dengan lingkungan.

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami