Indonesia Dinilai Gagal Melindungi Kaum Religius Minoritas

Nasional / 1 February 2013

Kalangan Sendiri

Indonesia Dinilai Gagal Melindungi Kaum Religius Minoritas

Zee Official Writer
5143

Pada laporan penilaian global mengenai ancaman terhadap kebebasan beragama oleh Human Rights Watch (HRW). Pemerintah Indonesia dinilai gagal dalam upaya perlindungannya terhadap kaum religius minoritas di Indonesia.

Dalam laporan yang disusun berdasarkan perkembangan hak asasi selama tahun 2012 pada lebih dari 90 negara, pemerintah Indonesia dinilai tidak mengupayakan secara baik tindakan perlindungan dari kaum militant Islam yang melakukan serangan massa kepada kaum religius minoritas.

”Kegagalan pemerintah Indonesia menghadapi beragam pandangan politik dan agama telah menghambat potensi regional Indonesia yang sedang berkembang, “ kata Phelim Kine, deputi direktur Asia di HRW, 31 Januari 2013 kemarin.

Sebuah laporan dari LSM lokal yang memonitor kebebasan beragama menyebutkan bahwa serangan terhadap kaum religius minoritas telah meningkat dari 144 kasus pada tahun 2011, menjadi 264 kasus di 2012.

Joseph Saunders, deputi direktur program HRW menyatakan pada kunjungannya di hari Kamis bahwa Presiden SBY tidak menunjukkan tindakan tegas padahal pilihan-pilihannya ada.

“SBY tidak menggunakan senjata yang sudah disediakan,” kata Joseph.

Kine menambahkan bahwa kekerasan terhadap kaum religius minoritas di Indonesia akan semakin parah apabila pemerintah tetap mengabaikan penyerangan-penyerangan yang silakukan oleh kaum militan Islam.

“Para pemimpin di Indonesia harus mempraktekkan kepimpinan yang nyata dan mengecam kekerasan, memperbaiki hukum-hukum diskriminasi, dan memastikan bahwa orang-orang yang bertanggung jawab atas kekerasan tersebut dihukum,” ujar Kine.

Kekerasan terhadap kaum religius minoritas di Indonesia sangat bertentangan dengan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan negara Indonesia. Untuk itu pemerintah perlu menilik ulang tindakan-tindakan yang telah mereka usahakan untuk melindungi keragaman yang ada di Indonesia dan memastikan bahwa keragaman tersebut terjaga dengan baik tanpa adanya kekerasan di satu pihak pada pihak lain.


Baca juga artikel lainnya:

Chinese Zodiac (CZ12): Kisah Pencuri Yang Selamatkan Harta Negara

Pemerintah Pontianak Berikan Bantuan Kepada 14 Gereja

Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Sumber : thejakartapost.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami