Apa Itu Zat Baru yang Dipakai di Rumah Raffi?

Nasional / 30 January 2013

Kalangan Sendiri

Apa Itu Zat Baru yang Dipakai di Rumah Raffi?

Lois Official Writer
3530

Sampai sejauh berita ini ditulis, BNN sudah menyatakan tujuh orang yang dibebaskan dari penggerebekan di rumah Raffi Ahmad, sedangkan lainnya masih ditahan karena belum terbukti positif tidaknya mengkonsumsi zat baru yaitu Cathinone. Lantas, apakah zat baru yang menyebabkan penyidukan ini?

Menurut Wikipedia, cathinone atau benzoylethanamine adalah monoamine alkaloid yang ditemukan di teh Arab bernama catha edulis atau khat dan mempunyai bahan kimia serupa ephedrine, cathine, dan amphetamines. Tanaman yang banyak ditemukan di negara Azerbeijan ini melepaskan dopamine yang dapat menyebabkan kegembiraan.

“Ini sebetulnya buat stimulan, bikin orang senang, nggak capek, dan jadi antidepresi juga bikin orang nggak tidur-tidur. Tapi obat ini kalau kebanyakan bisa bikin halusinasi,” jelas dr. Lula Kamal, Selasa (29/1). Dia juga menambahkan kalau cathinone ini keluarganya ekstasi dan tidak mudah ditemukan di Indonesia. “Mungkin ini sedang ngetren ya, bawa dari luar negeri. Memakai cathinone ini pastinya punya potensi ketagihan. Ini bukan sesuatu yang mudah ditemukan.” katanya lagi.

Menurut laman www.pharmacy.vcu, cathinone dapat menimbulkan efek samping

Seperti euphoria dan kesegaran. Ada negara yang melarang keras peredaran zat ini seperti Amerika Serikat sejak tahun 1993, namun ada juga sejumlah negara masih memperbolehkan peredaran cathinone secara bebas seperti Ethiopia, Djibouti, Somalia, Kenya, dan Inggris. Selain Amerika, negara lain yang melarang cathinone adalah Kanada, Australia, Polandia, Norwegia, Belanda, Jerman, Irlandia, dan Perancis. Indonesia sendiri belum mendefinisikan chatinone sebagai zat terlarang, BNN masih mengkategorikannya sebagai zat baru.

Cathinone sebagai zat baru yang diidentifikasi oleh BNN inilah yang menyebabkan 17 orang di rumah Raffi ditangkap, tujuh di antaranya seperti Irwansyah dan istrinya dibebaskan. Segala sesuatu yang membuat kita ketagihan, tidak akan pernah bagus hasilnya.

 

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan 

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Tuhan Peduli Bagaimana Akhir dari Jalan Hidupmu

Masalah Bikin Ortu Depresi, Awas Anak Terpengaruh Juga

6 Restoran Nachos yang Layak Dicoba

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami