Kulit Gatal Karena Air Banjir? Atasi Dengan Sabun Antiseptik !

Solusi Sehat / 30 January 2013

Kalangan Sendiri

Kulit Gatal Karena Air Banjir? Atasi Dengan Sabun Antiseptik !

Budhi Marpaung Official Writer
7967

Sekitar dua minggu lalu, kota Jakarta dikepung oleh air banjir. Tidak hanya kawasan padat pemukiman, daerah perkantoran seperti Thamrin dan Sudirman pun ikut tergenang oleh air yang kotor ini.

Seperti yang sudah diduga, banyak dari masyarakat khususnya mereka yang mengungsi harus mengalami kesusahan akibat peristiwa ini. Salah satu persoalan utama yang dihadapi orang-orang ibukota adalah meningkatnya penderita penyakit kulit.

Menurut dr. Mariya, salah seorang dokter relawan yang ikut terjun langsung membantu korban banjir Jakarta 2013 ini, cara terbaik untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit karena terkena air banjir adalah lewat mencuci bersih kulit yang gatal dengan sabun antiseptik.

Mengapa harus sabun antiseptik ? karena sabun jenis ini dapat membantu penyembuhan  pada saat keadaan kulit terinfeksi bakteri atau jamur. Selain itu, sabun antiseptik juga dapat mencegah terjadinya infeksi. Menurut dr. Mariya jika pada akhirnya masyarakat tidak bisa mendapatkan sabun antiseptik, penggunaan obat lain seperti salep pun diperbolehkan.

Terlepas dari semua cara mengatasinya, dr Mariya menghimbau agar masyarakat di kota Jakarta mengamankan orang-orang sekitar yang rentan penyakit sebelum banjir terjadi, karena banjir seringkali bisa diramalkan kapan akan terjadi. 

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Inilah Solusi Terbaik Cegah Demam Berdarah

Chord Lagu, Jumat (25/1) : Hold Me  

Kantor Kena Banjir, Piyu Tetap Tolong Korban Lain

Hadapi Banjir, Singsingkan Banjir Bantu Orang Tua

Ular yang Tersembunyi

Sumber : radioaustralia.net.au; tribunnews.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami