FIFA akan Bongkar Korupsi di ISL

Nasional / 26 January 2013

Kalangan Sendiri

FIFA akan Bongkar Korupsi di ISL

daniel.tanamal Official Writer
2129

Ternyata Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) juga sedang bergumul dengan masalah korupsi yang menerpa internal mereka. Karena itu pengurus saat ini akan membongkar korupsi yang berkaitan dengan lembaga pemasaran Internasional Sport Leisure (ISL).

Dirilis kompas.com, Korupsi ISL merupakan skandal korupsi FIFA saat masih dipimpin Joao Havelange (1974-1998). Havelange dan anggota Komite Eksekutif FIFA, Ricardo Teixeira, diduga menerima suap 27 juta pounds (sekarang sekitar Rp 409 miliar) dari ISL untuk meloloskan hak siar televisi Piala Dunia 2002 dan 2006.

Kasus ini mencuat setelah Havelange tak lagi memimpin FIFA, digantikan oleh Sepp Blatter. Jaksa Amerika Serikat Michael Garcia ditunjuk sebagai Kepala Anti Korupsi FIFA pada Juli tahun lalu. Tugasnya adalah memperkuat regulasi dan statuta untuk mencegah korupsi dan pencucian uang. Selain itu, ia juga bertugas menguji kembali detail kasus bekas perusahaan pemasaran FIFA, ISL.
 
"Ketika pengujian sudah sempurna, Garcia akan menjelaskan secara detail penemuannya dalam laporan akhir. Diharapkan ini akan terjadi pada pertemuan reguler komite etik berikutnya pada bulan Maret," demikian pernyataan FIFA.

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami