Out Of The Box-nya Orang Nomor 1 DKI Jakarta

Out Of The Box-nya Orang Nomor 1 DKI Jakarta

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
2553

Banyak tindakan dan keputusan Jokowi yang 'out of the box' alias diluar kebiasaan para pejabat pemerintahan pada umumnya. Karena pada umumnya para pejabat terbiasa dilayani, minta dihormati, dan sering pasif dalam menghadapi masalah.

Tidak demikian dengan Gubernur DKI Jakarta saat ini yang banyak melakukan terobosan dan memiliki sikap, keputusan dan tindakan yang out of the box atau bisa dibilang 'nyeleneh'

Berikut 6 aksi 'nyeleneh' Jokowi yang terekam sepanjang 100 hari pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta:

1. Mengangkat gong untuk Presiden SBY
Untuk pertama kalinya, pada 17 Oktober 2012, saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan sebuah acara pameran perdagangan di kawasan Kemayoran, Jakarta, Jokowi tidak tinggal diam saat melihat posisi gong yang akan digunakan presiden tidak pas. Dibantu Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, ia langsung mengangkat gong ke posisi yang pas. Melihat kesigapan Jokowi, Presiden SBY pun tersenyum.

2. Meniti tangga dan jembatan rapuh
Saat atap dan dinding SD Negeri 03 Rawamangun, Jakarta Timur, ambruk pada 6 November 2012, Jokowi tak mau hanya mendengarkan penjelasan kepala dinas terkait dan kontraktor saja. Ia justru melihat penyebab ambruknya atap dengan naik tangga kayu yang sudah rapuh. Demikian pula saat meninjau jembatan gantung Srengseng, Jakarta Selatan, 8 Desember 2012. Meski kondisinya membahayakan warga setempat, namun Jokowi tetap meniti jembatan yang dibangun tahun 1980-an itu.

3. Berdialog dengan pengunjuk rasa
Saat para awak angkutan kota berunjuk rasa mengenai trayek, Jokowi tidak menutup diri. Ia meluangkan waktu untuk bertemu dengan pengunjuk rasa dan berdialog layaknya seorang ayah dengan anaknya yang berbagi.

4. Nyemplung ke gorong-gorong
Pada 26 Desember 2012 karena ingin melihat langsung kondisi gorong-gorong di MH.Thamrin, Sang Gubernur ini langsung masuk ke dalam gorong-gorong.

5. Malam Tahun Baru tanpa kendaraan
Malam pergantian tahun Jokowi punya jurus baru agar tidak terjadi kemacetan di malam tahun baru. Jakarta Night Festival pun digelar dengan menerapkan kebijakan bebas kendaraan bermotor di sejumlah jalan protokol pada 31 Desember 2012.

6. Urus banjir, dari naik gerobak hingga jadi Mandor
Jakarta dikepung banjir pada 17 januari 2013, yang mengakibatkan semua kegiatan lumpuh. Untuk hal itu Jokowi justru harus menggunakan gerobak kayu yang tahan air dan genangan.

Selain itu Jokowi menjadi mandor menunggui proses perbaikan tanggul Latuharhary yang jebol agar tepat sasaran dan tepat waktu. Pagi, siang, hingga malam ia berada di lokasi.

 

Baca Juga :

Gak Sadar Hamil, Seorang Ibu Melahirkan di Tengah Banjir

Newsweek Agungkan Obama: Penyelamat 'The Second Coming'

Homoseksual Bertentangan Dengan Penciptaan (Part 1)

Ahok Pindah Rumah ke Muara Karang

Lawrence Khong Bersuara Keras Tentang Homoseks

Keselamatan Sejati Dari Yesus Kristus

Karena Tak Cinta, Aku Tak Pernah Layani Suamiku

Sumber : liputan6.com / jp.mamora

Ikuti Kami