Hindari Sakit Akibat Banjir Dengan Makanan Peningkat Imunitas

Gizi & Nutrisi / 22 January 2013

Kalangan Sendiri

Hindari Sakit Akibat Banjir Dengan Makanan Peningkat Imunitas

Puji Astuti Official Writer
6093

Musim hujan dan banjir yang melanda berbagai wilayah termasuk ibukota Jakarta membuat banyak orang rentan terjankit penyakit, terutama penyakit flu, diare, dan juga penyakit kulit akibat air kotor. 

Untuk menangkal berbagai penyakit diatas, selain dengan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dengan air bersih, cuci tangan sebelum makan, juga perlu menjaga asupan yang bergizi sehingga imunitas tubuh tidak menjadi lemah. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh :

  1. Sup ayam. Berbagai budaya mengakui keampuhan sup ayam dalam meningkatkan kekebalan tubuh, terutama saat flu menjangkit. Bukan hanya membantu melawan virus, sup ayam juga stimulant yang efektif untuk mengeluarkan lendir saat hidung tersumbat. Selain itu kandungan bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan juga bawang bombay mengandung beberapa antiseptic dan peningkat daya tahan tubuh.
  2. Jamur adalah salah satu obat herbal yang efektif karena meningkatkan produksi cytokines, sejenis sel yang membantu melawan infeksi. Selain itu jamur juga mengandung polysaccharides, senyawa yang mendukung kekebalan tubuh. Jamur yang disaraknkan adalah shitake, maitake dan reishi.
  3. Jeruk, buah dengan limpahan vitamin C mengandung banyak antioksidan yang dapat menurunkan gejala flu hingga 23 persen. Jeruk disini bisa berupa jeruk buah maupun jeruk nipis untuk dicampur dalam makanan ataupun minuman. Selain jeruk, buah dan sayur yang berlimpah dengan vitamin C adalah ubi jalar, tomat, dan juga papaya.
  4. Yogurt mengandung bakteri Lactobacillus reuteru yang dapat memblokir serangan virus terhadap tubuh. Namun tidak semua produk yogurt mengandung bakteri ini, untuk itu perhatikan label sebelum membeli dan mengkonsumsinya, disarankan memilih yang rendah lemak dan organic.
  5. Biji-bijian seperti biji bunga matahari, almond dan kacang mengandung vitamin E dan juga antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan juga daya tahan kulit terhadap penyakit.

Menjaga kesehatan saat musim hujan dan juga banjir saat ini ternyata tidaklah sulit. Dengan menjaga kebersihan tubuh dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tentu dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang seringkali menjadi wabah ketika musih hujan tiba.

Sumber : Berbagaisumber | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami