Ratusan Kristen Ortodoks Rusia Terjun ke Kolam Es untuk Merayakan Hari Pembaptisan Yesus

Internasional / 20 January 2013

Kalangan Sendiri

Ratusan Kristen Ortodoks Rusia Terjun ke Kolam Es untuk Merayakan Hari Pembaptisan Yesus

eva Official Writer
5049

Ribuan pengikut Gereja Ortodoks terjun ke sungai dingin dan kolam di seluruh Rusia dan republik Soviet untuk memperingati hari pembaptisan Yesus Kristus. Peringatan tersebut dikenal dengan nama  Hari Epiphany yang ditandai dengan cara membersihkan diri di kolam yang sebelumnya telah diberkati oleh seorang pendeta yang diyakini memiliki makna khusus sebagai perlindungan dan penyembuhan.

Hari Epiphany menandai pembaptisan Yesus di sungai Yordan oleh Santo Yohanes dan secara tradisional diadakan di Rusia dengan menggunakan kalender Julian dan dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 19 Januari. Hari penanggalan tersebut tidak saja berlaku di Rusia, namun juga di negara-negara lain seperti Mesir, Suriah dan Libanon. Sementara itu, gereja-gereja ortodoks yang berada di negara-negara lain juga mengadakan hal serupa dengan menggunakan kalender Gregorian yang jatuh pada tanggal 6 Januari.

Walaupun suhu pada saat itu berkisar -26C, para jemaat tidak mengurungkan niatnya untuk terjun ke kolam dan sungai, seperti yang terjadi pada jemaat-jemaat yang ada di Lapangan Merah Moskow, desa Tyarlevo luar St Petersburg, , Lviv, Ukraina barat, dan di Minsk, Belarus seperti yang dilansir dari dailymail.co.uk (19/1).

Bentuk ekspresi yang dilakukan oleh jemaat orthodoks di Rusia tersebut mungkin merupakan salah satu wujud apresiasi tentang betapa pentingnya karya perjalanan Yesus selama Dia berada di bumi. Akan tetapi, akan jauh lebih baik bila ekspresi dan apresiasi tersebut tidak hanya berhenti sampai di situ saja dan dilakukan dalam bentuk acara seremonial semata, namun mampu diaplikasikan dalam bentuk konkret lainnya, seperti dalam kehidupan sehari-hari kita dengan sesama yang menginterpretasikan karya Keselamatan Tuhan bagi dunia.

 

Sumber : dailymail.co.uk/eva
Halaman :
1

Ikuti Kami