Inilah Langkah Memutus Mata Rantai Banjir Jakarta

Nasional / 18 January 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Langkah Memutus Mata Rantai Banjir Jakarta

daniel.tanamal Official Writer
5880

Banjir yang melanda Jakarta kali ini tercatat adalah yang paling besar dan terparah selama ibukota ini berdiri selama 485 tahun ini. Untuk itu dibutuhkan penanganan yang secepatnya agar dikemudian hari tidak terjadi lagi banjir lebih besar yang merugikan masyarakat banyak.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai setidaknya ada beberapa langkah yang harus segera diambil pemerintah untuk memutus mata rantai banjir Jakarta. “Harus ada langkah serius dari Pemprov DKI. Ada empat langkah yang harus dilakukan secepatnya untuk memutus mata rantai banjir,” katanya seperti dirilis Beritasatu.com Kamis (17/1). 

Langkah pertama adalah membenahi tata ruang Kota Jakarta, dengan mengembalikan fungsi-fungsi tata ruang kota ke fungsi semula. Yaitu mempercepat penambahan luasan ruang terbuka hijau (RTH) dari 9,8 persen menjadi 30 persen sehingga dapat dijadikan daerah resapan air. “Perlu ada tim audit RTH, terutama RTH privat di kavling-kavling gedung kantoran dan pusat perbelanjaan,” ujarnya. 

Langkah kedua, melakukan normalisasi 13 sungai dari kondisi lebar sungai sekarang yang mencapai 20 hingga 30 meter menjadi 100 meter. Dilanjutkan dengan membuat jalur hijau sempadan sungai, merelokasi warga ke kawasan terpadu rumah lingkungan dengan pendekatan rekayasa sosial. 

Setelahnya pemerintah harus merevitalisasi saluran air mikro dan makro, dari diameter saat ini 60 centimeter (cm) menjadi 2 meter. Lalu seluruh saluran air mikro dan makro tersebut harus terhubung dengan baik, dengan menggunakan konsep ekodrainase. 

Dilanjutkan dengan revitalisasi dan optimalisasi setu dan waduk yang sudah ada. Sehingga setu dan waduk bisa bebas dari endapan lumpur, sampah, gulma eceng gondok dan perumahan liar. “Kalau keempat langkah itu benar-benar dilakukan Jokowi, maka kita bisa putus hubungan dengan banjir yang menahun ini,” ucap Yoga.

Semua langkah yang digunakan sebagai solusi memutus mata rantai Jakarta tidak akan dapat terwujud jika seluruh warga masyarakat Jakarta acuh dan tidak peduli terhadap keadaan lingkungan sekitar. Langkah besar dan massif yang harus dilakukan kita semua adalah adanya kesadaran untuk bertanggungjawab terhadap lingkungan sekitar.

 

 


Sumber : beritasatu.com
Halaman :
1

Ikuti Kami