Banjir di Depok Sudah Setinggi Atap Rumah

Nasional / 15 January 2013

Banjir di Depok Sudah Setinggi Atap Rumah

Puji Astuti Official Writer
3441

Jakarta di kepung banjir, debit air di Bendungan Katulampa pada pagi hari tadi, telah mencapai 210 cm atau berada dalam keadaan siaga 1. Kondisi tersebut beberapa wilayah harus menerima limpahan air dan mengalami banjir, salah yang terparah adalah kota Depok.

Puluhan rumah warga RT 05/14, Kemirimuka, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat  pada siang tadi, Selasa (15/1) terendah hingga setinggi atap rumah, atau sekitar dua meter. Hal tersebut memaksa warga untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

"Sebelumnya kami sudah berikan peringatan pada warga, sehingga mereka sempat menyelamatkan barang-barang berharga. Kondisi ini kami waspadai sejak awal dengan memonitor dari pintu air Katulampa dan Ciliwung Depok," demikian ungkap Mashadi, Ketua RT 05 yang dikutip oleh Viva.co.id.

Menurut pengakuan Mashadi, wilayahnya memang sering mengalami banjir, mulai dari tahun 1996 lalu hingga saat ini. Namun yang terparah menurutnya adalah pada tahun 2007 lalu. Di RT 05 sendiri ada 20 rumah  yang terendam banjir, namun yang mengalami banjir di atas 1 meter ada 14 KK. Untuk itu ia berharap pemerintah bisa melakukan relokasi warga yang selalu mengalami kebanjiran tersebut.

Saat ini petugas Satuan Tanggap Bencana (Tagana) Kota Depok telah turun ke lapangan untuk membantu mengevakuasi warga yang mengalami kebanjiran. Selain kota Depok, beberapa wilayah Jakarta juga terendam air, diantaranya adalah wilayah Bukit Duri, Ciledug, Petukangan dan Cakung.

Berdasarkan  keterangan Peneliti Meteorologi Tropis dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang dikutip oleh Detik.com, curah hujan di wilayah Jabodetabek diperkirakan akan masih tinggi dalam tiga hari ke depan. Untuk itu warga diharapkan tetap mewaspadai banjir yang kemungkinan akan terjadi hingga 18 Januari 2013 nanti.

Baca juga artikel lainnya :

Satu Baut Seharga 10.000 Dolar

3 Tips Hadapi Putus Cinta Secara Kristiani

Keterbukaan Awal Dari Kebahagiaan

THE IMPOSSIBLE, Kisah Duka Tsunami 2004

Hutang Merusak Pensiun Anda

Sumber : Viva.co.id | Detik.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami