Tokoh Agama India Salahkan Mahasiswi Korban Pemerkosaan

Nasional / 12 January 2013

Kalangan Sendiri

Tokoh Agama India Salahkan Mahasiswi Korban Pemerkosaan

daniel.tanamal Official Writer
4951

Kasus pemerkosaan yang menimpa mahasiswi India Jyoti Singh Pandey pada pekan lalu masih menjadi perbincangan hangat mengenai kepastian hukum yang akan didapat oleh para pelaku. Namun seorang tokoh spiritual India Asaram Bapu justru menyalahkan Jyoti atas peristiwa yang akhirnya merenggut jiwanya itu.

Bapu mengatakan hal itu dalam ceramahnya di Rajashtan pekan lalu. Menurutnya, korban seharusnya menganggap pelaku-pelaku itu sebagai saudaranya sendiri. “Jika saja korban pemerkosaan itu memohon kepada para pelaku untuk mengampuninya, mungkin sekarang ia mash hidup dan tidak diperkosa,” katanya saat itu.

Bahkan tokoh yang sering mengeluarkan pernyataan kontoversial ini juga melihat bahwa ada kemungkinan bahwa korban juga memancing pelaku untuk memperkosa dirinya. “Tidak mungkin peristiwa pemerkosaan tersebut terjadi tanpa ada tindakan dari sang korban yang memancing para pelaku,” katanya.

Dilaporkan ke Pengadilan

Pernyataan Bapu itu ternyata membuat berang beberapa kalangan hukum yang satu diantaranya segera melaporkannya ke pengadilan Kota Muzzaffarpur, Negara Bagian Bihar.

Sang pelapor adalah Sudhir Kumar Ojha, seorang pengacara di India, yang  menilai pernyataan Bapu sebagai penghinaan bagi perempuan India. Pernyataan itu juga menimbulkan keresahan di masyarakat yang saat ini masih berduka. Dirinya berharap agar pengadilan dapat memberikan hukuman berat bagi tokoh spiritual

Masyarakat India pada umumnya secara meluas juga telah melakukan aksi protes di berbagai tempat di India yang mendesak pemerintah agar menghukum berat para pelaku dan memberikan perlindungan lebih kepada wanita India yang selama ini rentan menjadi korban kekerasan.



Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami