Heart OMG,

Heart OMG, "Fashion" Yang Mengusik Masyarakat Kristen Amerika

Puji Astuti Official Writer
3957

Sebuah perusahaan pakaian yang berbasis di California yang menjadikan gadis-gadis Kristen sebagai pangsa pasar menimbulkan kontroversi masyarakat Kristen Amerika. Pasalnya, perusahaan Heart OMG yang memiliki tagline "a delightfull mix of fun, fashion, faith and love" tersebut menampilkan foto-foto model pakaian mereka dalam pose yang dianggap tidak sopan.
"Orang Kristen memiliki sejarang panjang perdagangan segala bentuk ornamen rohani, tetapi OMG, dengan Perintah Kedua (dari 10 Perintah Allah-red) melekat dalam namanya, telah membawa kebiasaan buruk kita kepada sebuah arah baru, dengan produk sinkritisme aneh diantara budaya pop agama  dan budaya pop hyper-seksual," demikian tulis Michelle Loon dari Christianity Today.
"Penggemar saat ini mungkin akan bertanya, 'Apakah OMG 'worship Crew' akan keluar dalam ukuran kecil?' Saya sarankan agar para pengikut (Kristus -red) untuk mengajukan pertanyaan dari sudut pandang lain," tambahnya. "Apakah kaos ini meremehkan pesan Yesus? Apakah dibuat sesuai dengan etika? Apakah ini adalah tindakan bijak dalam menggunakan uang yang saya miliki? Apakah ini sopan?"
Salah satu pendapat yang melihat hal negatif dari OMG adalah Fred Clars dari Patheos. Menurutnya fashion yang dibuat ditujukan untuk anak-anak muda gereja, namun sayangnya video promo yang dibuat perusahaan tersebut tidak akan ada gereja yang mau menayangkan karena dianggap tidak patut.
Didirikan pada tahun 2010, Heart OMG menjual berbagai kaos dengan tema Kristen seperti "God Knows My Secrets," "Church Rocks" dan "A Date with JC." Para model yang mengenakan kaos mereka tampil dalam websitenya dengan celana sangat pendek, atau pakaian yang terlalu terbuka bagian atas.
Berdasarkan berita yang dirilis oleh Christian News Network, perusahaan ini dikelola oleh Paul Shih yang berkantor di Bell Garden, California. Menurut Shih, perusahaan ini didirikan seorang wanita yng bernama Stacy.
"Suatu hari di awal 2010, Tuhan menaruh nama "OMG" dalam hati Stacy," demikian penjelasan yang dirilis oleh website mereka, Heartomg.com. Setelah itu Stacy merasa mendapatkan pesan Tuhan untuk membagikan kepada dunia bagaimana Tuhan mengasihinya dan bagaimana perasaan dia kepada Tuhan. Diluar kontroversi tentang fashion atau gaya berpakaian yang layak bagi gadis-gadis Kristen, Heart OMG mendonasikan sebagian dari keuntungannya untuk LOVE TOGO, sebuah pelayanan di Afrika Barat yang membantu para wanita untuk memiliki keahlian sehingga mereka bisa mandiri secara finansial.
Dunia fashion dan nilai-nilai agama seringkali berbenturan, terlebih jika sudah berbicara bisnis. Untuk menarik minat perusahaan ini menampilkan wanita-wanita cantik dengan pose yang aduhai. Tetapi mereka tidak sadar bahwa bahwa Alkitab mengajarkan tentang kesopanan. Tetap cantik, tapi sopan, tentu saja bisa. Disitulah kreativitas harus bekerja, sehingga nama Tuhan tetap dimuliakan.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Christian News Network | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami