Kristen dan Hindu India Bersatu Dalam Misa Natal 2012

Internasional / 5 January 2013

Kalangan Sendiri

Kristen dan Hindu India Bersatu Dalam Misa Natal 2012

daniel.tanamal Official Writer
3650

Ratusan ribu umat Kristen dan Hindu mengikuti sebuah Misa Natal yang dilaksanakan pada tengah malam (24/12/2012) di Kandhamal, Bubhaneshwar dan Orissa India. Pemandangan ini tentu saja merupakan sejarah toleransi yang dapat dilihat di India, dimana sering terjadi diskriminasi antar-agama yang kerap melibatkan dua umat itu.

“Tuhan datang ke dunia untuk bersama-sama dengan kita. Suasana penuh kedamaian, kebersamaan didalam doa begitu terasa di dalam gereja,” ungkap pendeta jemaat Cuttack-Bhubaneshwa, John Barwa.

Dalam misa itu ratusan anak-anak datang membawa lilin dan bunga yang ditempatkan disebelah miniatur palungan tempat bayi Yesus dibaringkan. Dalam pesannya untuk 2012, pendeta Barwa mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan setempat dalam melindungi rumah ibadah selama perayaan Natal.

"Semua yang kita miliki adalah pemberian Tuhan. Tahun Baru 2013, Tahun Iman, adalah karunia Tuhan bagi kita. Saya yang diberi kehormatan berbicara disini berharap Tahun Baru akan melahirkan banyak kesempatan untuk bekerja sama dan bahwa hal itu dapat membawa harapan, harmoni dan persatuan di Orissa," ungkapnya.

 

Sumber : asianews - daniel tanamal - jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami