Inggris Berhasil Tranplantasi Hati Sapi Pada Manusia

Info Sehat / 2 January 2013

Kalangan Sendiri

Inggris Berhasil Tranplantasi Hati Sapi Pada Manusia

Puji Astuti Official Writer
4590

Inggris berhasil membuat terobosan dengan melakukan xenotransplantasi atau transplantasi organ dari hewan kepada manusia. Seorang wanita yang mengalami kanker pada hatinya berhasil disembuhkan dengan melakukan operasi membuang 80 persen hatinya kemudian menjalani tranplantasi menggunakan jaringan dari hati sapi.

Wanita yang beruntung selamat dari kanker hati tersebut adalah Michelle Morgan-Grainger (42). Sebelumnya ia hanya merasakan gejala otot kaku, dokter menduga ia memiliki batu empedu, ternyata setelah pemeriksaan ditemukan kanker sebesar 15 cm di hati.

Dokter pun menyarankan Michelle untuk di operasi, ia pun dirujuk ke pusat pembedahan hati di Aintree University Hospital. Di rumah sakit tersebut wanita berusia 42 tahun itu ditawari untuk pengobatan menggunakan bagian dari hati tersebut.

"Ini adalah prosedur yang panjang, kompleks dan hanya ditawarkan di beberapa tempat di dunia. Operasi ini disebut trisectionectomy hati," demikian penjelasan dari Hassan Malik, konsultan ahli bedah hepatobilier di Aintree University Hospitals, Senin (31/12/2012) yang dirilis Dailymail.co.uk.

Hati adalah satu-satunya organ tubuh manusia yang memiliki kemampuan regenerasi. Dalam jangka waktu 3 bulan, hati manusia yang dioperasi dan diangkat dapat kembali ke ukuran aslinya. Namun dokter harus menciptakan struktur pembuluh darah dan dinding sebagai panduan untuk pertumbuhan hati dan sel-sel darah yang rusak. Lapisan itulah yang diambil dari hati sapi.

Sebenarnya biasanya tranplantasi hati ini menggunakan bahan sintetis yang terbuat dari plastik, namun bahan plastik tersebut beresiko menimbulkan infeksi  dan memunculkan pembekuan darah setelah operasi. Sebaliknya, bahan dari hati sapi yang melewati proses kimiawi mengurangi resiko infeksi dan tidak menimbulkan pembekuan darah sehingga pasien terhindar dari penggunaan obat pengencer darah dalam jangka waktu panjang yang memiliki efek samping.

Bahan lapisan luar hati dari sapi ini lebih fleksibel dan mudah dipotong tidak seperti bahan plastik sintetis yang kaku. Kelebihan lainnya, bahan dari sapi dapat menjadi bagian tubuh manusia dan tahan lama.

Setelah menjalani pengobatan selama tiga bulan, Michelle sudah dapat kembali bekerja dan dinyatakan bebas dari kanker 18 bulan kemudian. Bersyukur atas kesehatan yang ia terima, Michelle pun melakukan penggalangan dana untuk kegiatan sosial serta menyatakan akan terus menggalang dana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker hati.

Sumber : Detik.com | Dailymail.co.uk | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami