Foke Bantah Bakal Gusur Gereja-Masjid Demi Jalan Tol

Foke Bantah Bakal Gusur Gereja-Masjid Demi Jalan Tol

Lestari99 Official Writer
4159

Gereja Protestan Mahanaim dan Masjid Al-Muqarrabbin yang dibangun berdampingan di Jalan Enggano, Tanjung Priok, kabarnya akan digusur untuk pembangunan jalan tol Tanjung Priok. Namun Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, membantah isu tersebut dan menganggapnya sebagai suatu hal yang tidak relevan.

“Saya yakini bahwa jalan Enggano itu lebar, jalannya sudah ideal. Jadi, jalan yang sudah ideal itu tidak boleh diubah lagi,” ungkap Foke saat mengikuti shalat Jumat di Masjid Jami Baitul Rahman, Rawa Buaya, Cengkareng, Jawa Barat, Jumat (7/9).

Lebih lanjut Foke mengungkapkan bahwa kedua rumah ibadat tersebut merupakan simbol kerukunan beragama yang baik di Jakarta. Sebagai orang nomor satu di Jakarta, Foke memastikan bahwa penggusuran tidak akan pernah dilakukan, bahkan sebaliknya kedua rumah ibadat tersebut harus dihormati dan dilestarikan. Foke menganggap bahwa isu penggusuran itu hanyalah isu yang dilontarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Tidak ada cerita penggusuran dari pemerintah provinsi. Mungkin ada pihak yang ingin mendiskreditkan pihak tertentu saja,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan dua bangunan rumah ibadah yang berdiri bersebelahan dan berhadapan dengan pintu Pos 8 Pelabuhan Tanjung Priok terancam digusur karena adanya rencana pelebaran jalan bagi pembangunan jalan tol. Pihak Masjid Al-Muqarrabbin dengan tegas menolak rencana penggusuran sedangkan pihak Gereja Protestan Mahanaim telah menyiapkan relokasi tempat ibadah untuk mengantisipasi penggusuran.

Semoga saja apa yang dikatakan oleh Foke benar adanya, bukan sekedar alasan untuk membangun pencitraan menjelang Pilkada DKI putaran kedua yang semakin mendekat. Hanya waktu yang akan membuktikan apakah janji itu akan dipenuhi dan lambang kerukunan umat beragama di Jakarta itu akan benar-benar dilestarikan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami